HABIBAH, RIZQA ANNISATUL (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN MINIATUR TATA SURYA MATERI SISTEM TATA SURYA PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 TANGGUNGHARJO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
Rizqa Annisatul Habibah 23060180073.pdf Download (4MB) |
Abstract
Habibah, Rizqa Annisatul. 2022. Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui media Pembelajaran Miniatur Tata Surya Materi Sistem Tata Surya pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Tanggungharjo Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL), Miniatur tata surya, Sistem tata surya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa dengan materi sistem tata surya dengan mengunakan model Project Based Learning (PjBL) di kelas VII A SMP N 1 Tanggungharjo tahun pelajaran 2021/2022. Penelitin ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru IPA dan siswa kelas VII A SMP N 1 Tanggungharjo Tahun Pelajaran 2021/2022. Dengan rician 1 guru dan 31 siswa, 16 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, dimana rangkaian kegiatan terdiri dari empat tahapan yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan lembar kreativitas dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Project based Learning (PjBL) dengan media miniatur tata surya dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas VII A SMP N 1 Tanggungharjo materi sistem tata surya. Pada siklus I persentase keberhasilan yang diperoleh 45,16% dengan jumlah kekreativitas siswa yang mendapatkan skore tinggi 14 siswa, sedangan pada siklus II siswa yang mendapatkan peningkatan kreativitas sebesar 24 siswa dengan perentase 77,41%. Persentase skor yang telah dicapai pada siklus II telah menunjukan bahwa siklus ini berhasil.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 20:19 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 20:19 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16541 |
Actions (login required)
View Item |