UNSPECIFIED (2023) Buku Evaluasi Pembelajaran IPA. .
Text
Buku Evaluasi Pembelajaran IPA_compressed.pdf Download (749kB) |
|
Text
HAKI EVALUASI PEMBELAJARAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Buku Evaluasi Pembelajaran IPA ini, beberapa hal yang dianggap perlu untuk dikemukakan sebagai catatan: Pertama, buku yang diberi judul Evaluasi Pembelajaran IPA ini, disusun dan diterbitkan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), karena itu materi yang disajikan dalam buku ini semata-mata dibatasi pada hal-hal yangmenurut hemat penulis penting dan relevan dengan kebutuhan, sejauh tidak menyimpang dari kurikulum dan silabus minimal mata kuliah Evaluasi Pembelajaran IPA. yang telah digariskan oleh Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagan Agama Islam. Kedua, berdasarkan Kurikulum dan Silabus Program Studi Tadris IPA, pengajaran Evaluasi Pembelajaran IPA diberikan bobot 2 SKS (Satuan Kredit Semester). Tujuan yang ingin dicapai dengan pengajaran Evaluasi Pembelajaran IPA adalah agar mahasiswa: (1) dapat memahami dan mengerti beberapa istilah dalam Evaluasi Pembelajaran IPA dan manfaatnya;(2) dapat (mampu) menggunakan Evaluasi Pembelajaran IPA (sebagai alat bantu) dalam pembelajaran matematika di sekolah; (3) peka terhadap permasalahan evaluasi pembelajaran IPAdi kelas; dan (4) peka terhadap adanya perubahan dan perkembangan pendidikan IPA. Uraian di atas menjelaskan bahwa pengajaran pembelajaran Evaluasi Pembelajaran IPA di Program Studi Tadris IPA IAIN Salatiga Salatiga tidak dimaksudkan untuk mencetak calon-calon sarjana dalam bidang IPA, melainkan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan Evaluasi Pembelajaran IPA yang dipandang perlu dan relevan untuk dimiliki oleh seorang mahasiswa di bidang Evaluasi Pembelajaran IPA, seorang pendidik, dan seorang administrator di bidang kependidikan. Berkaitan dengan arah dan haluan itulah buku ini dicoba untuk disusun dan dihidangkan. Ketiga, pengalaman penulis selama ini, baik di lingkungan IAIN Salatiga maupun di tempat lain, menunjukkan bahwa hanya dengan penuh kesabaran dan bahasa yangsederhanalah materi Evaluasi Pembelajaran IPA dapat diserap dan dipahami oleh mahasiswa. Keempat, dengan membaca Buku Evaluasi Pembelajaran IPA ini sejak awal sampai akhir, tidak harus diartikan bahwa keseluruhan struktur ilmu pembelajaran evaluasi pembelajaran IPA telah selesai dibahas secara tuntas. Apa yang dipaparkan dalam buku ini hanya sebagian kecil saja dari keseluruhan pembahasan ilmu evaluasi pembelajaran yang demikian luas. Karenanya, untuk pendalaman lebih lanjut serta untuk memperluas cakrawala pengetahuan tentang evaluasi pembelajaran IPA, tidak ada alternatif lain kecuali agar mahasiswa tekun dan rajin mempelajari literatur yang telah ditunjuk, baik yang bersifat wajib maupub anjuran.
Item Type: | Patent |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 13 Apr 2023 10:55 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 10:55 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16546 |
Actions (login required)
View Item |