Si., Dra. Ulfah Susilawati, M. (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PERSPEKTIF SURAT AL-HUJURAT PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH.
Text
Buku Pendidikan multikultural.pdf Download (632kB) |
Abstract
Kandungan Al-Qur’an dalam surat Al-Hujurat sarat dengan konsep multikultural. Dan karena mayoritas masyarakat Indonesia adalah muslim maka konsep multikultural perespektif surat Al-Hujurat perlu dikaji sebagai dasar berkehidupan di Indonesia yang “Bhinneka Tunggal Ika”. Penelitian ini memilih Madrasah Aliyah Nurul Islam sebagai obyek penelitian karena memiliki visi “Melahirkan Pemimpin Ummat yang Berakhlaqul Karimah dan berwawasan Global”. Lembaga ini merupakan sekolah berbasis keagamaan dengan system boarding school, dengan unggulan program hafalan Al-Qur’an dan konsen dalam bahasa Arab. Fokus penelitian ini adalah tentang bagaimanakah konsep pendidikan multikultural perspektif Al-Qur’an surat Al-Hujurat; 2) bagaimana implementasi konsep pendidikan multikultural perspektif Al-Qur’an surat Al-Hujurat pada pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Nurul Islam Tengaran Tahun 2017; serta 3) apa faktor pendukung dan penghambat pengimplementasian konsep tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Untuk menjawab rumusan masalah pertama, peneliti menggunakan penelitian library research. Dan untuk menjawab rumusan masalah yang ke dua dan ketiga penelitian bersifat lapangan (Field Research),dengan pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan dengan cara Observasi (pengamatan),wawancara, dokumentasi,triangulasi data. Teknik analisis data dalam penelitian ini deskriptif-eksploratif-analisis, analisis rumusan masalah pertama ABSTRAK vi Ulfah Susilawati & Nasafi dengan pendekatan ilmu tafsir dan menggunakan metode penafsiran maudlu’i. Dan untuk rumusan masalah kedua dan ketiga dengan tahapan reduksi data, verifikasi data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan, keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil kesimpulan penelitian pada rumusan masalah pertama bahwa konsep multikultural terdapat dalam surat Al-Hujurat ayat 6,9,10,11,12,13. Adapun kontennya adalah Ayat 6 memuat konsep: Klarifikasi atau tabayyun terhadap persoalan; Pengembangan sikap toleran, empati, dan simpati; Memelihara saling pengertian (Mutual Understanding). Ayat 9 dan 10 tentang Resolusi konflik; dan Konsep keadilan. Ayat 11 terkandung konsep sikap saling menghargai (Mutual Respect); sikap apresiasif dan interdependensi. Ayat 12 sikap saling percaya dan menghindari prasangka; terbuka; Resolusi Konflik . Ayat 13 tentang menghargai perbedaan, dan keberagaman (gender, ras, bangsa, dll.); Sikap sensitif gender; toleransi; Memupuk kemanfaatan dalam keberagaman. Adapun implementasi melalui: Hidden Kurikulum; Terintegrasi dalam pembelajaran empat maharah bahasa Arab; Melalui kegiatan pengembangan bahasa Arab; Melalui pendidikan lingkungan bahasa; Melalui keteladanan dan nasehat guru ; Menghadirkan penutur asli bahasa Arab dan motivator tentang wawasan global. faktor pendukungnya adalah; Visi madrasah yang selaras dengan konsep multikultural ; Peluang dari lembaga untuk mengembangkan bahan ajar dan inovasi proses; Adanya kegiatan pengembangan bahasa Arab ; Kehidupan asrama (Pondok) dengan karakter beragam. Dan faktor penghambatnya adalah: Keterbatasan SDM. Bahasa Arab baik dari kualitas maupun kwantitas; Kurikulum dengan wacana multikultural belum banyak termuat dalam bahan ajar bahasa Arab; latar belakang pendidikan siswa input siswa yang beragam; kemampuan dasar bahasa Arab siswa yang heterogin
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 16 Apr 2023 17:49 |
Last Modified: | 16 Apr 2023 17:49 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16635 |
Actions (login required)
View Item |