KONSEP GENDER DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN PAI

Hasanah, Nur (2020) KONSEP GENDER DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN PAI. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Salatiga. ISBN 978-602-5916-28-1

[img] Text
KONSEP GENDER DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN PAI-Nur Hasanah.pdf

Download (591kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru dan siswa tentang konsep gender, dan implikasi pemahaman guru dan siswa tentang konsep gender dalam pembelajaran PAI dan budi Pekerti di SMA Kec. Ungaran Kab. Semarang. Penelitian ini mengunakan metode wawancara, observasi , dan dokumentasi. Dan analisis datanya menggunakan arus alir. Peneliti menemukan bahwa pemahaman guru tentang gender masih sebatas pengertian secara fisik yakni perbedaan jenis kelamin laki-laki dan perempuan sebagaimana kodratnya serta hak dan tanggungjawabnya sebagai khalifah fil ard. Pemahaman siswa tentang konsep gender adalah perbedaan jenis kelamin laki-laki dan perempuan, yang artinya suatu kodrat pemberian dari Allah untuk membedakan secara biologis antara laki-laki dan perempuan.Sedangkan pemahaman guru dan siswa tentang konsep gender dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti tersebut berimplikasi bagi guru dalam perencanaan tujuan, metode, media, pengelolaan kelas/strategi pembelajaran, penggunaan media dan sumber belajar tidak sesuai dengan kemampuan, karakter, dan kondisi siswa, sehingga siswa mendapatkan pelayanan yang kurang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa yang mestinya berbeda antara laki-lai dan perempuan.

Item Type: Book
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Apr 2023 12:13
Last Modified: 17 Apr 2023 12:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16669

Actions (login required)

View Item View Item