Hidayatulloh, M. Agung (2021) MIKIR di Satuan PAUD dan Pendidikan Dasar: Stimulasi HOTS Siswa di Jawa Tengah.
Text
MIKIR 2021.pdf Download (761kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh isu terbaru Pendidikan yakni implementasi pendekatan pembelajaran aktif yang dipopulerkan oleh Tanoto Foundation yang dikenal dengan istilah MIKIR. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pengambilan datanya melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Tujuan penelitian ini (1) mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran MIKIR di satuan PAUD dan Pendidikan dasar di sekitar Jawa Tengah. (2) Mengetahui aspek HOTS yang dicapai saat menerapkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan MIKIR. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran MIKIR dengan siswa aktif Mengalami, berinteraksi, komunikasi dan Refleksi dapat menstimulasi kemampuan berpikir tingkat tinggi HOTS. Siswa mampu mengevaluasi, menganalisis dan mencipta.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 17 Apr 2023 21:00 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 12:13 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16678 |
Actions (login required)
View Item |