ARINTA,M.Si, YUSVITA NENA (2023) FUNDAMENTAL DIGITAL MARKETING Konsep dan Stratregi Bisnis Online Di Masa Pandemi. UNSPECIFIED.
Text
Buku Fundamental digital Marketing.pdf Download (2MB) |
Abstract
Dunia diguncang dengan krisis global yang berasal dari pandemi wabah corona (covid 19) yang berpengaruh signifikan terhadap tatanan berbagai sektor ekonomi didunia. Peristiwa krisis seperti ini merupakan resiko dari sebuah bisnis yang tidak dapat diprediksi sebelumnya. Dunia bisnis dihadapkan pada adaptasi untuk menghadapi tantangan apakah mampu sekedar bertahan atau tetap pada target laba berkelanjutan atau justru melemah dengan keadaan. Dampak pandemic ini dirasakan secara masif oleh seluruh sektor bisnis didunia. Perubahan terjadi pada tatanan budaya bisnis, lingkungan, dan permintaan pasar. Berbagai sektor terkena dampak secara signifikan dari COVID-19 ini, salah satunya yaitu pada sektor bisnis dan ekonomi yang mempunyai peran utama sebagai pusat roda perekonomian yang krusial. Salah satu upaya yaitu dengan melakukan inovasi stratregi dengan teknis mengubah cara penjualan yang dilakukan. Contoh inovasi yang dilakukan adalah yang terjadi dan dilakukan oleh pelaku usaha mitra makanan yang telah banyak bekerja sama menggunakan mitra jasa startup dengan ojek online dalam mempromosikan makanan dan juga penggunaan jasa pengantaran makanan melalui media digital. Dengan adanya kemajuan teknologi mengenai internet, manusia dapat melakukan banyak hal seperti bersosialisasi, bertegur sapa dengan teman jauh maupun dekat, membaca buku, memperoleh berbagai informasi, bahkan berbelanja secara online. Perkembangan teknologi telah merubah cara interaksi dalam komunikasi pemasaran dari face to face (konvensional) menjadi screen to face (internet marketing). Hal ini yang menyebabkan peningkatan pengguna internet serta pengguna media sosial di Indonesia yang berdampak pada peningkatan minat berbelanja secara online. Menuju upaya digitalisasi bisnis tentu menjadi suatu langkah yang tidak mudah begitu saja untuk diwujudkan. Banyak sekali kendala yang harus dilewati. Kendalanya yang munculpun bisa dari berbagai sumber. Salah satunya, sebelum pandemi banyak teknik konsumsi barang dan jasa dilakukan secara offline atau penjualan secara langsung. Sedangkan, pada saat pandemi cara konsumsi barang dan jasa lebih banyak melakukan secara online / daring yaitu melakukan penjualan dengan menggunakan internet, bisa melalui ecommers. Realita tersebut, setidaknya menjadi sebuah referensi bahwa cara konsumsi masyarakat benar-benar mengalami suatu perubahan. Melihat kenyataan tersebut, akan memunculkan beragam persoalan. Salah satunya, adalah dari konsumen itu sendiri terkait kemampuan dalam penggunaan aplikasi online.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 11:33 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 11:33 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16705 |
Actions (login required)
View Item |