PENGEMBANGAN MANAJEMEN DAN MODEL PEMBELAJARAN INTEGRASI COMPUTATIONAL THINGKING DALAM MATA PELAJARAN MADRASAH IBTIDAIYAH BERDASARKAN KURIKULUM TAHUN 2022

Suwardi, (2022) PENGEMBANGAN MANAJEMEN DAN MODEL PEMBELAJARAN INTEGRASI COMPUTATIONAL THINGKING DALAM MATA PELAJARAN MADRASAH IBTIDAIYAH BERDASARKAN KURIKULUM TAHUN 2022.

[img] Text
Ringkasan lengkap penelitian 2022 Suwardi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mengintegrasikan Computational Thinking ke dalam proses pembelajaran merupakan permasalahan yang dihadapi guru di banyak Negara, tak terkecuali guru Madrasah Ibtidaiyah di Indonesia. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menemukan manajemen pembelajaran Computational Thinking di Madrasah Ibtidaiyah dengan menggunakan prosedur PDA (Plan-Do-Assessment) dan teknik 5W+H (what, when, where, why, who, dan how). Penelitian ini menggunakan jenis Research and Development dengan model ADDIE. Responden penelitian ini meliputi pakar, kepala sekolah, guru, dan siswa Madrasah Ibtidaiyah. Teknik pengumpulan data melalui angket, observasi, wawancara, dan diskusi. Analisis data kualitatif dilakukan dengan cara menelaah, mereduksi, mengkategori, menafsirkan, dan menarik kesimpulan. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan rumus rata-rata, persentil, dan aiken’s. Temuan penelitian ini menyimpulkan bahwa; 1) model manajemen PDCA dengan teknik 5W+1H telah dikembangkan menjadi model PDA sebagai model manajemen pembelajaran yang mengintegrasikan CT ke dalam mata pelajaran di MI; 2) model pembelajaran PDA yang memuat sintak tiga sintak, yaitu Plan, Do, Assessment dengan dua puluh lima kegiatan dengan rincian pada sintak Plan memuat delapan kegiatan; sintak Do memuat empat kegiatan pendahuluan, dua kegiatan inti, dan empat kegiatan penutup; serta sintak Assesment memuat tujuh kegiatan. Kata Kunci: Computational Thinking, Manajemen Pembelajaran, Model Pembelajaran

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Apr 2023 14:25
Last Modified: 05 May 2023 07:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16764

Actions (login required)

View Item View Item