ANALISIS TUGAS CAMAT DALAM MELAKSANAKAN PENGAWASAN TERHADAP PEMERINTAHAN DESA PRESPEKTIF MASLAHAH MURSALAH (STUDI KASUS DI KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2021-2022)

Choirunnisa, Fany (2023) ANALISIS TUGAS CAMAT DALAM MELAKSANAKAN PENGAWASAN TERHADAP PEMERINTAHAN DESA PRESPEKTIF MASLAHAH MURSALAH (STUDI KASUS DI KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2021-2022). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
FANY CHOIRUNNISA.pdf

Download (5MB)

Abstract

: Analisis, Tugas, Camat, Pengawasan, Pemerintahan Desa, Perspektif Maslahah Mursalah Pelaksanaan tugas Camat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan di dalam pasal 10 huruf (g) “Membina dan mengawasi penyelenggaraan pemerintahan desa sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur desa”. Dari salah satu desa di Kecamatan Suruh, yaitu Desa Plumbon. Terindikasi melakukan penyelewengan APBD desa, sehingga kinerja kecamatan terhadap kinerja perangkat desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa perlu diteliti lebih lanjut. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis empiris (Sosiological Jurisprudence), dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini bertujuan memperoleh pengetahuan hukum secara empiris dengan jalan terjun langsung ke obyeknya yang berlokasi di Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang. Menggunakan bahan hukum primer data lapangan dan bahan hukum sekunder berupa perundangan dan regulasi penunjang terkait lainnya. Prosedur pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi serta pengecekan keabsahan data dengan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian adalah Camat telah melakukan pengawasan dengan baik yang telah di dasarkan pada peraturan perundang-undangan terkait yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksana Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014. Hal ini kemudian direalisasikan dalam beberapa program kerja yaitu Musrenbang Desa, Fasilitasi Pengelolaan Keuangan Desa dan Pendayagunaan Aset Desa, Perencanaan Pembangunana Partisipatif, Pemberdayaan masyarakat Suruh, dan Program kerja Penegakan Perda dan Perkada.Tugas Camat dalam melakukan pengawasan tehadap Pemerintahan Desa di Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang telah sesuai dengan prinsip Maslahah Mursalah dan telah memenuhi tujuan dari Maslahah Mursalah yaitu Maslahah Daruriyyah, Hajiyyah, dan Tahsiniyyah.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 May 2023 19:48
Last Modified: 12 May 2023 19:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16903

Actions (login required)

View Item View Item