PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT KELAS IV DI MI MA’ARIF KANDANGAN KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022

widiyanti, leni (2023) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT KELAS IV DI MI MA’ARIF KANDANGAN KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keberhasilan hasil belajar peserta didik melalui pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran IPS materi masalah sosial di lingkungan setempat kelas IV di MI Ma’arif Kandangan Kabupaten Temanggung tahun ajaran 2021/2022. (2) mengetahui efektivitas penggunaan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS materi masalah sosial di lingkungan setempat kelas IV di MI Ma’arif Kandangan Kabupaten Temanggung tahun ajaran 2021/2022. Pendekatan ini merupakan salah satu pendekatan yang mengkaitkan antara materi dengan dunia nyata dalam kehidupan sehari-hari. Peneliti mencoba Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk diterapkan di pembelajaran IPS pada materi masalah sosial di lingkungan setempat kelas IV. Jenis penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan design pretest-posttest. Tehnik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrument penelitian diuji coba dengan melakukan uji validitas, uji reabilitas, uji taraf kesukaran dan uji daya beda soal. Tehnik analisis yang digunakan yaitu dengan uji T (Paired Sample Test) dengan pengolahan data menggunakan bantuan aplikasi Microoft Excel 2010. Hasil penelitian ini menunjunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV MI Ma’arif Kandangan memperoleh nilai dengan rata-rata yang diperoleh saat pretest yaitu 49,67 dengan nilai terendah 27,5 dan nilai tertinggi 62,5. Rata-rata nilai perolehan posttest yaitu 84,3 dengan nilai terendah 75 dan nilai tertinggi 97,5. Berdasarkan hasil tersebut maka hasil belajar siswa kelas IV MI Ma’arif Kandangan memiliki peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan uji t (paired sample test) dengan nilai ( -15,35202986 < 1,671552762 dan -15,35202986 < 2,001717486 dan ( 2,15866 dan 4,31731 < 0,05), maka xix dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajajaran IPS materi masalah sosial di lingkungan setempat kelas IV MI Ma’arif Kandangan Kabupaten Temanggung tahun ajaran 2021/2022

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 May 2023 18:12
Last Modified: 20 May 2023 18:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16946

Actions (login required)

View Item View Item