TERAPI DZIKIR DALAM MENURUNKAN KECEMASAN KARIER SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI SALATIGA

Fitria, Anissa (2023) TERAPI DZIKIR DALAM MENURUNKAN KECEMASAN KARIER SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI SALATIGA. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
ANISSA FITRIA 23080180038 SKRIPSI 25 OKTOBER BKPI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan peneletian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana kecemasan karier pada siswa MA Negeri Salatiga 2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan terapi dzikir pada siswa MA Negeri Salatiga 3) Untuk mengetahui apakah terapi dzikir efektif untuk menurunkan kecemasan karier siswa MA Negeri Salatiga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre eksperimen design one-grup pre-test post-test. Teknik sampling menggunakan proposive dengan sampel berjumlah 33 siswa. Intrumen penelitian ini dilakukan dengan kuesioner, wawancara dan dokumentasi pada subjek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terapi dzikir efektif dalam menurukan kecemasan karier siswa, dilihat dari menurunya rata-rata skor sebelum dan sesudah diberikan terapi dzikir. Variasi tingkat kecemasan karier siswa MAN Salatiga pada umumnya dalam kondisi tinggi dengan rata-rata 97,36%. Variasi tingkat kecemasan karier siswa setelah diberikan terapi dzikir pada umumnya berada pada kategori rata-rata 60,30%. Jadi tingkat kecemasan karier siswa MAN Salatiga berada dalam kategori sedang setelah diberikan terapi dzikir pada tabel output hasil uji t, diperoleh nilai sig = 0.000, yang berarti lebih kecil dari < 0,05. dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima, dimana berarti bahwa ada perbedaan tingkat kecemasan karier siswa sebelum dan sesudah diberikan terapi dzikir.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 May 2023 22:38
Last Modified: 21 May 2023 22:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16948

Actions (login required)

View Item View Item