Winarni, Isti (2023) PENGARUH KREATIVITAS DAN EFIKASI GURU TERHADAP PROFESIONALITAS DENGAN LITERASI DIGITAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DI KOTA SALATIGA TAHUN 2021/2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
12020200031_ISTI WINARNI _PGMI S2.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Winarni, Isti. Pengaruh Kreativitas dan Efikasi Terhadap Profesionalitas dengan Literasi Digital Sebagai Variabel Mediasi Pada Guru Madrasah Ibtida’iyah di Kota Salatiga Tahun 2021/2022. Tesis. 2022. Pembimbing: Dr. Muna Erawati, M.Si. Setiap guru diharapkan memiliki kesadaran bahwa guru adalah sebuah profesi yang dijalankan sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku, petunjuk teknis, dan menyesuaikan dengan tuntutan zaman. Pada kenyataanya, masih dijumpai guru Madrasah Ibtidaiyah yang belum memenuhi kualifikasi sebagai guru profesional dengan memiliki sikap kurang kreatif dan inovatif, kurang bersungguh-sungguh, dan kurang mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Oleh karena itu, penelitian dilakukan untuk menganalisis profesionalitas guru ditinjau dari kreativitas, efikasi sebagai variabel indenden dan literasi digital sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional yang melibatkan 127 guru dengan menggunakan teknik purposive sampling. Madrasah terdiri dari MIN Salatiga, MI Ma’arif Mangunsari, MI Ma’arif Pulutan, MI Asas Islam Kalibening, dan MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01. Terdapat empat instrumen pengumpulan data yang dinyatakan valid oleh para ahli dan reliabel. Meliputi skala profesionalitas guru, skala kreativitas guru, skala efikasi guru dan skala literasi digital. Teknik analisis yang digunakan menggunakan uji asumsi, klasik, uji regresi dan uji analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa 1). literasi digital berperan sebagai mediasi dari pengaruh kreativitas guru terhadap profesionalitas guru (koefisien Sobel Test = 2,85; efek tidak langsung = 0,14 lebih besar dari efek langsung = 0,11 dengan nilai signifikan). 2). literasi digital berperan sebagai mediasi dari pengaruh efikasi guru terhadap profesionalitas guru (koefisien Sobel Test = 2,02; efek tidak langsung= 0,103 lebih besar dari efek langsung = 0,102 dengan nilai signifikan). Kesimpulan penelitian ini adalah peningkatan profesionalitas guru akan memberikan peningkatan apabila guru tersebut memiliki tingkat literasi digital yang baik dan begitu sebaliknya, kreativitas dan efikasi guru menjadi kurang begitu berdampak terhadap profesionalitas guru apabila guru belum memiliki tingkat literasi digital yang baik. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Efikasi Guru, Literasi Digital dan Profesionalitas Guru
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 22 May 2023 20:43 |
Last Modified: | 22 May 2023 13:44 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16954 |
Actions (login required)
View Item |