KATANRI, PIONIRA (2023) INTEGRASI NILAI ISLAM TOLERANSI DAN KEJUJURAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V TEMA 6 DI SD NEGERI 2 NGROTO KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
Pionira Katanri 23040170014.pdf Download (4MB) |
Abstract
Katanri, Pionira. 2022. Integrasi Nilai Islam Toleransi dan Kejujuran Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Tema 6 di SD Negeri 2 Ngroto Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Skripsi. Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. IAIN Salatiga. Pembimbing: Dr. Wahidin, M.Pd. Kata Kunci: Integrasi, Nilai Islam Toleransi, Nilai Islam Kejujuran, Pembelajaran Tematik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan juga faktor pendukung dan penghambat integrasi nilai Islam pada pembelajaran tematik kelas V tema 6 di SD Negeri 2 Ngroto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode penggalian data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data di dalam penelitian ini yakni meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan juga penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan integrasi nilai Islam toleransi dan kejujuran pada pembelajaran tematik kelas V tema 6 di SD Negeri 2 Ngroto dalam pelaksaannya dengan menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa. 2) Pelaksanaan integrasi nilai Islam toleransi dan kejujuran pada pembelajaran tematik kelas V tema 6 di SD Negeri 2 Ngroto menggunakan model pembelajaran saitifik dan menggunakan metode diskusi dan bisa juga menggunakan metode role playing, pembelajaran juga menggunakan media pembelajaran berupa slide powerpoint yang berisi materi pembelajaran dan nilai Islam yang diintegrasikan. 3) Evaluasi integrasi nilai Islam toleransi dan kejujuran pada pembelajaran tematik kelas V tema 6 di SD Negeri 2 Ngroto guru kelas memiliki standar terhadap tercapainya kriteria yang telah ditetapkan yang mencakup nilai kognitif, nilai afektif, dan nilai psikomotor. 4) Faktor pendukung integrasi nilai Islam toleransi dan kejujuran pada pembelajaran tematik kelas V tema 6 di SD Negeri 2 Ngroto yaitu: (a) lingkungan Desa Ngroto yang dapat disebut sebagai desa religi, (b) adanya kegiatan religi di Desa Ngroto yang menumbuhkan rasa toleransi terutama pada siswa yang berasal dari latar belakang yang berbeda, (c) pendidik yang sebagian besar merupakan santri dan santriwati pondok pesantren, (d) peserta didik mayoritas beragama Islam, (e) kerjasama yang baik antar pendidik SD Negeri 2 Ngroto. Kemudian faktor penghambat integrasi nilai Islam toleransi dan kejujuran pada pembelajaran tematik kelas V tema 6 di SD Negeri 2 Ngroto yaitu: (a) tidak semua pendidik memiliki latar belakang pondok pesantren, (b) sulitnya mengkoordinir siswa yang berada dalam satu kelas apalagi lebih dari 30 siswa, (c) bukan hanya konsistensi siswa, namun konsistensi guru diperlukan dalam memberikan teladan yang baik bagi siswa, (d) masih ditemukannya anak-anak yang tidak menghargai adanya perbedaan yang ada pada diri temannya.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 31 May 2023 21:04 |
Last Modified: | 31 May 2023 14:06 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17016 |
Actions (login required)
View Item |