PENGARUH FREE CASH FLOW, KONSERVATISME AKUNTANSI DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP EARNING MANAGEMENT MELALUI AGENCY COST PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX 2018-2021

Widati, Tari (2023) PENGARUH FREE CASH FLOW, KONSERVATISME AKUNTANSI DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP EARNING MANAGEMENT MELALUI AGENCY COST PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX 2018-2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi_Tari Widati_63030190050_S1_Akuntansi Syariah_Fiks.pdf

Download (2MB)

Abstract

Widati, Tari. 2022. Pengaruh Free Cash Flow, Konservatisme Akuntansi dan Corporate Social Responbility Terhadap Earning Management Melalui Agency Cost Pada Perusahaan Manufaktur Di Jakarta Islamic Index (2018-2021). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1Akuntansi Syariah UIN Salatiga. Pembimbing: Dr. Nafis Irkhami M.Ag., M.A. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa signifikan Pengaruh Free Cash Flow, Konservatisme Akuntansi dan Corporate Social Responbility Terhadap Earning Management Melalui Agency Cost. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan populasi penelitian pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Jakarta Islamic index (JII) yang berjumlah 30 perusahaan. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan Teknik purposing sampling, sehingga untuk penarikan sampel pada penelitian ini berjumlah 12 perusahaan yang terdaftar pada JII periode 2018-2021. Analisis yang digunakan meliputi uji instrumen, uji asumsi klasik, uji statistik dan path analysis (analisis jalur). Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan hasil: (1) Free Cash Flow berpengaruh positif signifikan pada Agency Cost. (2) Konservatisme Akuntansi berpengaruh positif dan tidak signifikan pada Agency Cost. (3) CSR berpengaruh negatif dan signifikan pada Agency Cost. (4) Agency Cost berpengaruh positif signifikan pada Earning Management. (5) Agency Cost tidak mampu memediasi pengaruh Free Cash Flow pada Earning Management. (6) Agency Cost tidak mampu memediasi pengaruh Konservatisme Akuntansi pada Earning Management. (7) Agency Cost tidak mampu memediasi pengaruh CSR pada Earning Management.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Jun 2023 20:45
Last Modified: 06 Jun 2023 20:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17028

Actions (login required)

View Item View Item