Habibah, Tsania Umi (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TEMA 7 (PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN) SUBTEMA 2 (PERISTIWA SEPUTAR PROKLAMASI) MELALUI METODE NUMBERTED HEAD TOGATHER (NHT) DENGAN MEDIA VIDEO SCRIBE SISWA KELAS V MI PAKIS KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
TSANIA UMI HABIBAH (SKRIPSI SELESAI)(1).pdf Download (2MB) |
Abstract
Umi Habibabah, Tsania. 2022. Peningkatan Hasil Belajar IPS Tema 7 (Peristiwa Dalam Kehidupan) Subtema 2 (Peristiwa Seputar Proklamasi) Melalui Metode Numbered Head Togather (NHT) Dengan Media Vidio Scribe Siswa Kelas V MI Pakis Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021 Skripsi, Fakultas tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sutrisna, S.Ag.M.Pd Kata Kunci : Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Metode Numbered Head Together,Video Scribe Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran Ilmu pengetahuan Sosial (IPS) Tema 7 (Peristiwa Dalam Kehidupan) Subtema 2 (Peristiwa Seputar Proklamasi) Melalui Metode Numbered Head Togather (NHT) Dengan Media Vidio Scribe Siswa Kelas V MI Pakis Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021 yang terdiri dari 18 orang siswa yang diantaranya 6 orang siswa laki-laki dan 12 orang iswa perempuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan Kelas atau PTK , terdapat beberapa pengumpulan data secara observasi dan tes. Permasalahan tersebut kemudian dibahas melalui 4 tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Numbered Head Together (NHT) dan Video Scribe Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tema 7 (Peristiwa Dalam Kehidupan) Subtema 2 (Peristiwa Seputar Proklamasi) Melalui Metode Numbered Head Togather (NHT) Dengan Media Video Scribe Siswa Kelas V MI Pakis Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Numbered Head Together (NHT) dan Video Scribe Tema 7 (Peristiwa Dalam Kehidupan) Subtema 2 (Peristiwa Seputar Proklamasi) Melalui Metode Numbered Head Togather (NHT) Dengan Media Vidio Scribe Siswa Kelas V MI Pakis Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020 . Dapat dibuktikan dengan adanya data persiklus, hasil belajar pada pras siklus terdapat ketuntasan sebanyak 9 orang siswa tuntas (50%) dan yang tidak tuntas 9 orang siswa (50%) dengan rata-rata nilai 66,89. Pada siklus I terjadi peningkatan sebanyak 16% dengan jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 12 orang siswa (66,67%) dan yang belum tuntas sebnayk 6 orang siswa (33,33%) dengan nilai rata-rata 72,67. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 28% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 17 orang (94,44%) dan yang belum tuntas 1 orang siswa (5,56%) dengan niali rata-rata 83,67. Oleh karena itu siklus dihentikan karena indicator keberhasilan baik secara individu maupun secara klasikal sudah terlampaui.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 17:52 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 11:00 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17032 |
Actions (login required)
View Item |