Implementasi Pendidikan Karakter pada Siswa Madrasah Aliyah (Penulis: Siti Asdiqoh dan Badrus Zaman)

M.Si., Dra. Siti Asdiqoh, (2023) Implementasi Pendidikan Karakter pada Siswa Madrasah Aliyah (Penulis: Siti Asdiqoh dan Badrus Zaman).

[img] Text
JURNAL INSANIA.pdf

Download (776kB)
[img] Text
TURNITIN JURNAL INSANIA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Implementasi pendidikan karakter pada siswa di MAN 1 Boyolali menggunakan Model Holistik yaitu seluruh warga mulai dari guru, karyawan, siswa, serta komunitas sekolah harus terlibat dan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan karakter dengan memperhatikan tiga basis desain dalam implementasinya. Desain pendidikan karakter berbasis kelas, desain pendidikan karakter berbasis kultur sekolah, dan desain pendidikan karakter berbasis komunitas. Karakter dasar siswa yang rata-rata baik, sehingga dapat menyesuaikan diri dengan model pendidikan karakter di MAN 1 Boyolali. Kurikulum pendidikan yang mendukung pendidikan karakter di MAN 1 Boyolali. Budaya demokratis yang mendukung pendidikan karakter yang menjadi kebiasaan di kelas, lingkungan sekolah dan komunitas sekolah meliputi: komite sekolah, orang tua siswa, dan alumni. Budaya “Nurun” masih sangat tinggi, tanpa tau asal muasal cara penyelesaiannya. Banyaknya tugas yang harus diselesaikan siswa setiap harinya, baik tugas akademik maupun tugas organisasi intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Penyalahgunaan HP dan gadget di lingkungan kelas dan sekolah. Kurangnya kesempatan untuk saling berkomunikasi dan koordinasi antara pihak sekolah dengan komite sekolah, orang tua siswa, dan alumni. Kata Kunci: Model Implementasi, Pendidikan Karakter

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jun 2023 09:05
Last Modified: 10 Jun 2023 09:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17051

Actions (login required)

View Item View Item