karimah, ulya nur (2023) STRATEGI LEMBAGA DALAM MENGHADAPI AKREDITASI SEKOLAH DI TK ABA CANDIREJO. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
ULYA NUR KARIMAH 23050180003.pdf Download (2MB) |
Abstract
Karimah, Ulya Nur. 2023. Strategi Lembaga Dalam Menghadapi Akreditasi Sekolah Di TK ABA Candirejo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing : Ibdaul Latifah, M.Pd. Kata Kunci : Strategi, Akreditasi, Pendidikan Anak Usia Dini. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui bagaimana kesiapan lembaga dalam menghadapi akreditasi sekolah di TK ABA Candirejo, (2) Untuk mengetahui kesulitan lembaga dalam menghadapi akreditasi sekolah di TK ABA Candirejo, (3) Untuk mengetahui dampak akreditasi sekolah di TK ABA Candirejo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari kepala sekolah, guru dan wali murid TK ABA Candirejo. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan lembaga dalam menghadapi akreditasi sekolah di TK ABA Candirejo yaitu dengan memahami isi dari standar nasional pendidikan, bekerjasama memenuhi setiap dokumen sesuai standar nasional yang berlaku serta berkomunikasi dengan baik dengan semua unsur pendidikan. Kesulitan lembaga dalam menghadapi akreditasi sekolah di TK ABA Candirejo yaitu dalam memahami isi dari standar nasional pendidikan yang didalamnya terdapat instrument-instrumen yang harus dipahami dengan cermat dan teliti agar tidak dalah presepsi, mengumpulkan dokumentasi dalam pelaksanaan program sekolah, waktu untuk mempersiapkan akreditasi yang cukup singkat dan sedang dalam masa transisi perubahan kurikulum sekolah. Dampak akreditasi sekolah di TK ABA Candirejo yaitu menumbuhkan kesadaran akan pentingnya akreditasi untuk meningkatkan mutu pendidikan dan meningkatkan kinerja sebuah lembaga secara professional serta sebagai tolak ukur satuan pendidikan. Berdasarkan kesiapan dan kesulitan lembaga dalam menghadapi akreditasi sekolah di TK ABA Candirejo serta dampak akreditasi sekolah di TK ABA Candirejo, strategi lembaga dalam menghadapi akreditasi sekolah di TK ABA Candirejo yaitu dengan menggunakan strategi insentif karena strategi ini digunakan untuk melihat situasi maupun kondisi lembaga atau melihat sejauh mana satuan lembaga dikenal oleh seluruh kalangan mulai dari masyarakat hingga pemerintahan dengan melakukan akreditasi sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan satuan lembaga.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 17:53 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 17:53 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17111 |
Actions (login required)
View Item |