Strategi Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Tengaran Kab. Semarang Tahun 2020

APRILIA, LAILY EKA (2023) Strategi Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Tengaran Kab. Semarang Tahun 2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
LAILY EKA APRILIA 23010160112.pdf

Download (3MB)

Abstract

Eka Aprilia, Laily. 2023. Strategi Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Tengaran Kab. Semarang Tahun 2020. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dra. Nur Hasanah, M.Pd. Kata Kunci : Strategi Pengembangan, Kompetensi Pedagogik Dalam penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu: (1) Untuk mengetahui strategi pengembangan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Tengaran (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dalam meningkatan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Tengaran (3) Untuk mengetahui faktor penghambat dalam meningkatan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Tengaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh berasal dari sumber data primer yang merupakan hasil wawancara mengenai strategi pengembangan yang digunakan, faktor penghambat, dan faktor pendukung guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Tengaran dalam mengembangkan kompetensi pedagogik secara detail dan mendalam. Sumber data yang lainnya diperoleh dari sumber data sekunder yang berasal dari hasil wawancara, observasi kondisi sekolah serta dokumentasi kegiatan wawancara sebagai pendukung sumber data primer. Pada penelitian ini informasi diperoleh dari guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Tengaran. Informan yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 3 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi yang digunakan dalam rangka mengembangkan kompetensi pedagogik guru diperlukan strategi pengembangan diri dan strategi kelembagaan, yaitu guru aktif membaca buku, guru juga aktif dalam mengikuti workshop, IHT dan seminar. (2) Faktor pendukung dalam mengembangan kompetensi pedagogik antara lain guru mampu mengikuti kegiatan yang dapat meningkatkan kompetensi pedagogik, perancangan pembelajaran yang sudah di buat jauh-jauh hari, pemanfaatan media teknologi sebaik mungkin, mengaktifkan siswa, menguasai materi, penilaian proses dan hasil juga mengembangan potensi anak. (3) Faktor penghambat dalam mengembangan kompetensi pedagogik antara lain: guru cenderung kurang dapat membagi waktu antara tugas pokok dan tugas yang lain, rasa malas yang timbul dalam diri guru, kurangnya perlengkapan dalam menunjang fasilitas teknologi komputer kemudian dana yang terbatas kurang mendukung dalam penerapan strategi pengembangan kompetensi pedagogik.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Jun 2023 18:49
Last Modified: 19 Jun 2023 18:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17132

Actions (login required)

View Item View Item