, Novita Kusumaningrum (2023) Pengaruh Experiential Marketing dan Service Quality of Islamic Banks Terhadap Customer Loyalty Dengan Green Marketing Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Bank Jateng KCPS Boyolali). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
Pengaruh Experiential Marketing dan Service Quality of Islamic Banks Terhadap Customer Loyalty Dengan Green Marketing Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Bank Jateng KCPS Boyolali).pdf Download (2MB) |
Abstract
Kusumaningrum, Novita. 2023. Pengaruh Experiential Marketing dan Service Quality of Islamic Banks Terhadap Customer Loyalty Dengan Green Marketing Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus: Bank Jateng Syariah KCP Boyolali). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S-1 Perbankan Syariah UIN Salatiga. Pembimbing: Dr. Abdul Aziz N P, M.M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh industri perbankan yang meningkat pesat dan persaingan yang ketat sehingga menjadikan perbankan dituntut untuk memberikan pelayanan serta menyediakan produk dan jasa yang baik dan berkualitas. Pelayanan yang baik dapat memberikan dampak berupa loyalitas nasabah. Nasabah akan selalu menggunakan jasa perbankan ketika pelayanan yang diberikan dapat memberikan pengalaman yang baik dan memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experiential marketing dan service quality of islamic banks terhadap customer loyalty dengan green marketing sebagai variabel moderating (studi kasus: Bank Jateng Kantor Cabang Pembantu Syariah Boyolali). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala interval. Sampel dalam penelitian ini berjuamlah 100 dengan menggunkaan purposive sampling. Hasil uji Ttest menunjukkan bahwa variabel experiential marketing, service quality of islamic banks, dan green marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty. Uji Ftest menunjukkan variabel experiential marketing, service quality of islamic banks, dan green marketing secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty. Kemudian uji R2 menunjukkan bahwa besarnya adjusted R2 adalah 63,20%, hal tersebut mengindikasikan bahwa experiential marketing, service quality of islamic banks, dan green marketing memiliki kontribsi sebesar 63,20% dalam mempengaruhi variabel customer loyalty. Sedangkan sisanya sebesar 36,80% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini. Dengan menggunakan Moderate Regression Analysis (MRA) hasil penelitian menujukkan bahwa experiential marketing, dan service quality of islamic banks berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty dengan dimoderasi green marketing. Kata kunci: Experiential Marketing, Service Quality of Islamic Banks, Green Marketing, Customer Loyalty
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 21:00 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 14:09 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17181 |
Actions (login required)
View Item |