PENANAMAN KETEKUNAN BERIBADAH DAN KEDISIPLINAN BELAJAR DI MTS AL-MANAR BENER TENGARAN KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

Faidah, Lutfi Azizatul (2023) PENANAMAN KETEKUNAN BERIBADAH DAN KEDISIPLINAN BELAJAR DI MTS AL-MANAR BENER TENGARAN KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI LUTFI AZIZATUL FA'IDAH 23010190039 PAI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan ketekunan beribadah dan kedisiplinan belajar di MTs Al-Manar Bener Tengaran Kab. Semarang Tahun Ajaran 2022/2023, faktor pendukung dan penghambat dalam ketekunan beribadah dan kedisiplinan belajar di MTs Al-Manar Bener Tengaran Kab. Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI, guru BK, dan siswa MTs Al-Manar Bener Tengaran Kab. Semarang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Ketekunan beribadah di MTs Al-Manar Bener Tengaran Kab. Semarang Tahun Ajaran 2022/2023 sudah berjalan baik. Penanaman ketekunan beribadah di MTs Al-Manar Bener Tengaran Kab. Semarang dengan beberapa cara yaitu, metode pembiasaan, metode keteladanan, metode mauidzah (nasihat), metode cerita, dan metode pengawasan. 2) Kedisiplinan belajar di MTs Al-Manar Bener Tengaran Kab. Semarang Tahun Ajaran 2022/2023 sudah berjalan cukup baik. Penanaman kedisiplinan belajar di MTs Al-Manar Bener Tengaran Kab. Semarang dengan beberapa cara, yaitu metode pembiasaan, metode keteladanan, metode mauidzah (nasihat), dan metode pengawasan. 3) Faktor pendukung dan faktor penghambat penanaman ketekunan beribadah di MTs Al-Manar Bener Tengaran Kab. Semarang Tahun Ajaran 2022/2023 yaitu, kepribadian, pendidik, dan lingkungan. Faktor pendukung dan faktor penghambat penanaman kedisiplinan belajar di MTs Al-Manar Bener Tengaran Kab. Semarang Tahun Ajaran 2022/2023 yaitu, keteladanan, kewibawaan, anak, hukuman serta ganjaran (reward), dan lingkungan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Jul 2023 16:29
Last Modified: 07 Jul 2023 16:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17425

Actions (login required)

View Item View Item