PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI PUASA MELALUI METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN CARD SORT PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023

Maulana, Muhamad Agung (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI PUASA MELALUI METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN CARD SORT PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Muhamad Agung Maulana 23010190207 fiks.pdf

Download (5MB)

Abstract

Maulana, Muhamad Agung. 2023. Peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi puasa melalui metode Teams Games Tournament (TGT) dan Card sort pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Salatiga tahun ajaran 2022/2023. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen pembimbing: Agus Purnomo, M.Eng. Kata Kunci: Hasil Belajar, PAI, Metode Teams Games Tournament (TGT) Dan Card sort Hasil belajar Pendidikan Agama Islam di kelas VIII G SMPN 5 Salatiga masih relative rendah. dari hasil ulangan 23 siswa hanya 10 siswa tuntas dan 13 orang yang lainnya belum tuntas Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah penggunaan metode yang kurang sesuai dengan karakteristik materi yang akan diterangkan. Sehingga diharapkan penyesuaian metode pembelajaran yang digunakan akan meningkatkan hasil belajar siswa Rumusan masalah: bagaimana peningkatan hasil belajar aspek kognitif Pendidikan Agama Islam materi puasa apabila metode teams games tournament (tgt) dikombinaskan dengan metode card sort pada siswa kelas VIII SMP negeri 5 salatiga tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus mempunyai 4 tahap diantaranya: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan rumus persentase ketuntasan belajar, dinyatakan berhasil jika sudah mencapai ketuntasan klasikal sebesar 85%. Hasil penelitian menunjukkan metode teams games tournament yang dikombinasikan dengan metode card sort meningkatkan hasil belajar aspek kognitif siswa kelas VIII G SMP Negeri 5 Salatiga.Dimana Siklus I siswa yang tuntas ada 15 orang (63,3%) nilai rata-ratanya 75.78. lalu pada siklus II yang tuntas ada 21 orang (91,3%) nilai rata-ratanya 83.95.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Jul 2023 20:45
Last Modified: 07 Jul 2023 14:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17443

Actions (login required)

View Item View Item