EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Rais, Azza Maftukha (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Azza Maftukha Rais_23070190050 cetak.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rais, Azza Maftukha. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Aplikasi GeoGebra Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Winarno, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Problem Solving, Aplikasi GeoGebra, Berpikir Kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem solving berbantuan aplikasi GeoGebra terhadap kemampuan berpikir kritis materi bangun ruang sisi lengkung SMP Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang dan untuk mengetahui perbedaan rata-rata model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis antara siswa menggunakan bantuan aplikasi GeoGebra dan media Pop Up. Penelitian kuantitatif yang sifatnya quasi eksperimen digunakan dalam penelitian ini dengan desain pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cluster random sampling, adapun sampel yang didapat adalah kelas IX H yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, dan uji N-gain digunakan peneliti untuk menarik kesimpulan dari analisis data. Hasil dari penelitian ini menggunakan model pembelajaran problem solving berbantuan aplikasi GeoGebra terhadap kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan pada data uji independent sample t-test diperoleh nilai Signifikannya adalah 5.337 dan 5.326. Pada pengujian N-gain Score dan N-gain Persen menghasilkan nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen yaitu 55.6%, sedangkan untuk nilai rata-rata N-gain kelas kontrol yaitu 45.01% . Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem solving berbantuan aplikasi GeoGebra dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis di SMP Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang kelas IX materi bangun ruang sisi lengkung cukup efektif.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2023 00:27
Last Modified: 11 Jul 2023 00:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17517

Actions (login required)

View Item View Item