khanifatunnisa, Ela (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN PEMBUATAN ROKET AIR PADA MATERI TEKANAN HIDROSTATIS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 2 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
Ela Khanifatunnisa 23060190062.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Group Investigation dengan pembuatan roket air pada materi tekanan hidrostatis terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 2 Salatiga tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan true experimental design dan menggunakan pretest-posttest control group design. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Salatiga. Populasi terdiri dari seluruh kelas VIII dengan jumlah 8 kelas dan diambil sampel menggunakan teknik cluster random sampling, dimana kelas VIII G sebanyak 30 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas VIII H sebanyak 31 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik tes dan nontes. Instrumen utama penelitian ini berupa soal tes, lembar observasi, dan angket. Sedangkan instrumen pendukungnya RPP, kisi-kisi soal, LKPD, dan jurnal harian mengajar. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t (independent sample t-test). Proses pembelajaran berlangsung dengan pembuatan roket air yang dilakukan oleh peserta didik secara berkelompok menggunakan botol bekas air mineral yang dirangkai membentuk roket air dan kemudian diluncurkan dengan bantuan pompa sehingga menghasilkan tekanan. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai t hitung (-3.382) dan t tabel (2.001), maka t hitung > t tabel dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05 sehingga hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga, model pembelajaran group investigation dengan pembuatan roket air pada materi tekanan hidrostatis efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 2 Salatiga tahun pelajaran 2022/2023. Implikasi hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran bagi guru untuk menciptakan kegiatan belajar yang aktif dan menyenangkan dengan menginterpretasikan kerjasama kelompok dalam menginvestigasi suatu masalah.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 15:26 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 15:26 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17528 |
Actions (login required)
View Item |