PENGUATAN NILAI-NILAI KETUHANAN DAN PEMBINAAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SMA NEGERI 1 SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023

Liyana, Erlin (2023) PENGUATAN NILAI-NILAI KETUHANAN DAN PEMBINAAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SMA NEGERI 1 SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
ERLIN LIYANA 23010190472 SKRIPSI PAI UIN SALATIGA 2023.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bentuk penguatan nilai-nilai ketuhanan pada siswa; (2) Faktor pendukung penguatan nilai-nilai ketuhanan; (3) Faktor penghambat penguatan nilai-nilai ketuhanan; (4) Bentuk pembinaan berpikir kritis; (5) Faktor pendukung pembinaan berpikir kritis; (6) Faktor penghambat pembinaan berpikikir kritis; (7) Titik temu antara penguatan nilai-nilai ketuhanan dan pembinaan berpikir kritis. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data primer berupa hasil wawancara guru PAI-BP, dan siswa, serta observasi kegiatan. Data sekunder berupa RPP, Modul Ajar, Soal HOTS, hasil tugas siswa, dan foto yang relevan. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini menunjukkan di SMA Negeri 1 Salatiga memiliki (1) Bentuk penguatan nilai-nilai ketuhanan meliputi berdoa secara rutin, melakukan apersepsi saat zona alfa, penggunaan metode yang bervariatif; (2) Faktor pendukung penguatan nilai-nilai ketuhanan meliputi guru profesional, kelihaian guru bercerita, fasilitas yang memadai; (3) Faktor penghambat penguatan nilai-nilai ketuhanan meliputi jadwal pelajaran yang tidak kondusif, asesmen tidak memadai; (4) Bentuk pembinaan berpikir kritis dengan menerapkan model, metode, asesmen berbasis HOTS; (5) Faktor pendukung pembinaan berpikir kritis meliputi penggunaan kurikulum berbasis kompetensi dan karakter, kreativitas guru, antusiasme siswa, fasilitas yang memadai; (6) Faktor penghambat pembinaan berpikir kritis adalah siswa kurang percaya diri; (7) Titik temu antara penguatan nilai-nilai ketuhanan dan pembinaan berpikir kritis yaitu siswa yang berpikir kritis akan memahami ajaran agama dengan sebenar-benarnya.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2023 18:44
Last Modified: 18 Jul 2023 10:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17552

Actions (login required)

View Item View Item