Ramadhani, Gita Naila Cahya (2023) PEMBINAAN KEPRIBADIAN MUSLIM DAN KONSEP DIRI PADA SISWA DI MA MA’ARIF DARUL AMAN PRINGSURAT KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
GITA NAILA C.R 23010190157.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pembinaan kepribadian muslim dan konsep pada siswa di MA Ma’arif Darul Aman Pringsurat Kabupaten Temanggung Tahun ajaran 2022/2023. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembinaan kepribadian muslim dan konsep diri pada siswa di MA Ma’arif Darul Aman Pringsurat Kabupaten Temanggung Tahun ajaran 2022/2023. (3) Untuk mengetahui solusi untuk mengatasi hambatan dalam pembinaan kepribadian muslim dan konsep diri pada siswa di MA Ma’arif Darul Aman Pringsurat Kabupaten Temanggung Tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini melalui data primer, yang merupakan sumber dari pengamatan dan wawancara. Sumber data lainnya diperoleh dari sumber data sekunder yang berasal dari wawancara, observasi, dan dokumentasi di Madrasah. Validitas data dikumpulkan melalui triangulasi. Serta reduksi data digunakan sebagai penyajian data dan untuk menarik kesimpulan kemudian data yang terkumpul dapat dianalisis. Subjek penelitian ini adalah kepala Madrasah, Waka kurikulum, satu guru Agama, satu wali kelas dan salah satu siswa di Madrasah. Hasil dari penelitian adalah sebagai berikut: Pertama, pembinaan kepribadian muslim dan konsep diri adalah dimulai dari pembiasaan-pembiasaan dan juga beberapa kegiatan dari sekolah. Siswa-siswi dilatih untuk konsisten dalam mengikuti pembiasaan-pembiasaan maupun kegiatan yang ada di sekolah dengan tujuan dapat membentuk kepribadian yang baik dan positif layaknya sorang muslim. Kedua, faktor yang mendukung adalah dengan adanya sistem wajib asrama di MA Ma’arif Darul Aman Pringsurat yang dapat mengontrol aktivitas seluruh siswa dari bangun tidur, guru yang sudah sertifikasi, lingkungan keluarga dan juga segala aktivitas yang mendukung dalam pembinaan kepribadian muslim dan konsep diri. Sedangkan faktor penghambat adalah dari usia kematangan siswa, teman sebaya dan juga kurang adanya kemauan dari diri sendiri. Untuk solusi dalam mengatasi hambatan ini adalah dari guru secara langsung mencontohkan sikap-sikap yang baik dan juga pemberian sanksi kepada siswa yang melanggar aturan sekolah yang bertujuan agar siswa merasa jera dan tidak mengulangi kesalahan.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 18:58 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 18:58 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17554 |
Actions (login required)
View Item |