Yansyah, Agam Ricki (2023) PEMBINAAN KETAATAN BERIBADAH DAN SIKAP SOSIAL SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
AGAM RICKI YANSYAH 23010190206.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui bagaimana pembinaan ketaatan beribadah siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Salatiga tahun ajaran 2022/2023. (2) Faktor pendukung dan penghambat pembinaan ketaatan beribadah siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Salatiga tahun ajaran 2022/2023. (3) Mengetahui bagaimana pembinaan sikap sosial siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Salatiga tahun ajaran 2022/2023. (4) Faktor pendukung dan penghambat pembinaan sikap sosial siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Salatiga tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dan bersifat deskriprif kualitatif karena data dan hasil penelitian yang didapat akan diolah dan dijelaskan secara deskripsi oleh penulis. Pengumpulan data penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan tiga langkah, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Serta dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Subjek penelitian ini adalah kepala Madrasah, Waka kurikulum, satu guru Agama dan guru BK, dua siswa dan satu masyarakat di lingkungan madrasah. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pembinaan ketaatan beribadah siswa di MTs Negeri Salatiga tahun demi tahun mengalami perubahan lebih baik, dengan melalui penerapan kegiatan dan pengembangan budaya religius di lingkungan madrasah. (2) Faktor pendukung pembinaan ketaatan beribadah seperti: dukungan dan kerjasama bapak/ibu guru, kesadaran dan keinginan siswa mengikuti pembinaan ketaatan beribadah, memiliki rasa percaya diri dan rasa keberanian demi terwujudnya pembinaan ketaatan beribadah. Sedangkan faktor penghambat pembinaan ketaatan beribadah seperti: keberagaman latar belakang para wali murid, kurangnya jam pembinaan, adanya rasa malas serta pengaruh lingkungan sekitar. (3) Pembinaan sikap sosial siswa di MTs Negeri Salatiga menjadi lebih baik dengan penerapan program yang dilakukan sesuai dengan tata tertib madrasah (4) Faktor pendukung pembinaan sikap sosial seperti: dukungan dari pihak madrasah, penerapan tata tertib, kerjasama guru, orang tua dan siswa, kesadaran diri melaksanakan program pembinaan sikap sosial. Sedangkan faktor penghambat pembinaan sikap sosial seperti: berbedanya latar belakang yang dimiliki para orang tua siswa dan rasa malas yang dimiliki beberapa siswa.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 20:29 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 20:29 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17562 |
Actions (login required)
View Item |