PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI PRINSIP DAN PRAKTIK EKONOMI ISLAM MELALUI METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTU MEDIA QUESTION CARD SISWA KELAS XI IPS 1.3 SMA N 1 SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/ 2023

, Rifqi Alfriansyah (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI PRINSIP DAN PRAKTIK EKONOMI ISLAM MELALUI METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTU MEDIA QUESTION CARD SISWA KELAS XI IPS 1.3 SMA N 1 SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/ 2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
RIFQI ALFRIANSYAH 23010190424.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dipusatkan pada upaya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode Teams Games Tournament (TGT) berbantu media Question Card dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi prinsip-prinspi dan praktik ekonomi Islam pada siswa kelas XI IPS 1.3 SMA N 1 Salatiga tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini mengambil jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Metode pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan tiga jenis, yakni observasi yang berupa pengamatan kepada siswa dan juga guru, tes yang berupa soal-soal evaluasi yang harus dikerjakan di akhir siklus, dan juga dokumentasi aktivitas yang dilakukan selama pembelajaran berlangsung. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi guru dan siswa, serta lembar soal evaluasi. Analisis data dilakukan dengan cara membandingkan hasil belajar siswa secara individual dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan juga membandingkan ketuntasan klasikal yang diperoleh dari kelas tersebut dengan standar ketuntasan klasikal yang seharusnya. Hasil penelitian yang diperoleh ialah hasil belajar pra siklus, siklus I, dan juga siklus II. Pada pra siklus jumlah siswa yang tuntas sebanyak 15 orang atau 44,44% dari 35 orang. Pada siklus I meningkat sebanyak 21 orang atau 60% dari 35 orang, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 31 orang atau 88,57% dari 35 orang. Dari siklus terakhir, ketuntasan klasikal yang diperoleh sudah lebih daripada yang ditentukan, yakni 85%. Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2023 17:51
Last Modified: 12 Jul 2023 10:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17613

Actions (login required)

View Item View Item