sari, Refa meila (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS VIII MTs NEGERI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
SKRIPSI REFA MEILA SARI-23060190065.pdf Download (3MB) |
Abstract
Sari, Refa Meila. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Crossword Puzzle Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pernapasan Kelas VIII MTs Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Budiyono Saputro, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Scramble; Crossword Puzzle; Aktivitas; Hasil Belajar Siswa Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran scramble berbantuan media crossword puzzle pada materi sistem pernapasan (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajran scramble berbantuan media crossword puzzle pada materi sistem pernapasan (3) mengetahui hubungan model pembelajaran scramble berbantuan media crossword puzzle terhadap aktivitas dan hasil belajar pada materi sistem pernapasan (4) mengetahui pengaruh model pembelajaran scramble berbantuan media crossword puzzle terhadap aktivitas dan hasil belajar pada materi sistem pernapasan. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan desain eksperimen semu bentuk nonequivalent control group desaign. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen diterapkan pembelajaran scramble berbantuan media crossword puzzle. Instrumen penelitian meliputi soal, angket, dokumentasi. Metode pengumpulan data menggunakan tes berupa pretest dan posttest, angket, dokumentasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji wilcoxon dan uji korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan deskripsi aktivitas belajar menggunakan model pembelajaran scramble berbantuan media crossword puzzle atau pre-angket perolehan nilai mean 60,16 sedangkan post-angket 68,75. Deskripsi hasil belajar sebelum diterapakan model pembelajaran scramble 77,050 setelah diterapkan model pembelajaran 92,062. Uji korelasi rank spearman model pembelajaran scramble berbantuan media crossword puzzle terhadap aktivitas belajar diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 ada hubungan yang signifikan dan hasil koefisien korelasi 0,679 artinya tingkat hubungannya kuat dan searah, uji korelasi rank spearman model pembelajaran scramble berbantuan media crossword puzzle terhadap hasil belajar diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,008 < 0,05 ada hubungan model pembelajaran scramble berbantuan media crossword puzzle terhadap hasil belajar, koefisien korelasi 0,460 artinya tingkat hubungannya sedang dan searah. Model pembelajaran scramble berpengaruh terhadap aktivitas siswa dibuktikan dengan nilai Sig (2-tailed) 0,002 < 0,05 dengan analisis persentase pengaruh penggunaan model pembelajaran scramble berbantuan media crossword puzzle rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 76,39% serta model pembelajaran scramble berbantuan media crossword puzzle berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dibuktikan dengan uji wilcoxon nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 18:34 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 18:34 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17619 |
Actions (login required)
View Item |