Dina, (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS EXE – LEARNING BERBANTUAN VIDEOSCRIBE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SMP DHARMA LESTARI SALATIGA. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
DINA_23070190117_PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS EXE-LEARNING BERBANTUAN VIDEOSCRIBE TERHADAP PEMAH.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Dina. 2023. Pengembangan E-Modul Berbasis Exe – Learning Berbantuan Videoscribe Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Datar SMP Dharma Lestari Salatiga.Skripsi, Salatiga : Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Prof.Dr.Winarno, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : E-modul; Exe-learning; Videoscribe; Pemahaman Konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan E-modul berbasis Exe – learning berbantuan Videoscribe terhadap pemahaman konsep siswa materi bangun ruang sisi datar SMP Dharma Lestari Salatiga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development (R&D) mengadaptasi dari Plomp (2010). Penelitian ini terdiri dari 3 fase yaitu : Fase Investigasi Awal (preliminary research), Fase Prototipe (prototyping phase), Fase Penilaian (assessment phase). Subyek yang akan diteliti pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII F SMP Dharma Lestari Salatiga. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket skala Likert untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan, serta instrumen tes berupa soal pretest dan posttest untuk mengetahui keefektifan dan dilengkapi dengan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kelayakan E-modul pada aspek materi 85,60 % dan media 87, 50 yang berarti sangat layak. Persentase kepraktisan oleh guru pada aspek performa tampilan 78 %, aspek relevansi tes 87,5 % dan kebermanfaatan 87, 5 % dan angket respon siswa dengan hasil data analisis yang diperoleh persentase pada aspek performa tampilan sebesar 81,08 %, dari aspek Relevansi materi test sebesar 87,17 % dan dari aspek kebermanfaat sebesar 80,76 % sehingga dinyatakan sangat praktis. Untuk uji keefektifan E-modul terhadap pemahaman konsep mengalami perbedaan dan peningkatan rata-rata nilai dari pretest dan posttest dengan peningkatan sebesar 25,00, yang berarti E-modul efektif untuk digunakan. Sehingga, produk E-modul berbasis Exe-learning yang dibuat dan digunakan dalam penelitian ini dianggap valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 19:33 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 12:33 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17623 |
Actions (login required)
View Item |