EFEKTIVITAS TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH DI KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

, FITRIANI MAULIYA ASYAHARA (2023) EFEKTIVITAS TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH DI KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
FITRIANI MAULIYA ASYAHARA 23040190023 .pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan di Indonesia berusaha untuk menanamkan kedisiplinan pada peserta didik. Hal ini didasarkan pada Undang-undang Nomor 2 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 3, dijelaskan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah teknik self management efektif untuk meningkatkan kedisiplinan siswa MI di Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah True Eksperiment dan bersifat deskripstif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil perhitungan dari data yang diperoleh melalui angket yang ditujukan kepada populasi penelitian yaitu siswa MI Nurul Huda Gebugan dan Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Autad Jombor dengan sampel sebagai kelas eksperimen yaitu MI Nurul Huda Gebugan kelas IV berjumlah 17 siswa, sedangkan kelas kontrol yaitu MI tarbiyatul Aulad Jombor kelas IV berjumlah 30 siswa. dan sumber sekunder berupa wawancara dan foto-foto kegiatan sekolah. Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa : hasil analisis satatistik deskriptif tingkat kedisiplinan siswa setelah diberikan teknik self management menunjukan kedisiplinan siswa kelas IV pada kelas eksperimen yaitu MI Nurul Huda yang semula dalam kategori rendah dengan rata rata 70 meningkat menjadi rata rata 80 dari kategori rendah menjadi kategori sedang. Sedangkan pada kelas kontrol juga mengalami kenaikan yang semula 88 dalam kategori sedang menjadi 93 masih dalam kategori sedang. Teknik self management dapat meningkatkan kedisiplinan siswa kelas IV MI di Kabupaten Semarang hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent T- test uji tersebut diperoleh nilai signifikasi (2-Tailed) untuk pretest dan posttest yaitu 0,001 < 0,05 maka H0 : ditolak dan H1 : diterima.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Jul 2023 16:00
Last Modified: 14 Jul 2023 16:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17708

Actions (login required)

View Item View Item