Imani, Riezka Anandhyta (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) BERBANTUAN MEDIA STELLARIUM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM TATA SURYA KELAS VII SMP NEGERI 4 AMBARAWA TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
Riezka Anandhyta Imani.pdf Download (9MB) |
Abstract
Imani, Riezka Anandhyta. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Group to Group Exchange (GGE) Berbantuan Media Stellarium Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sistem Tata Surya Kelas VII SMPN 4 Ambarawa Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Arif Billah, S.Si., M. Pd . Kata Kunci: Pengaruh; Model Group to Group Exchange (GGE); Media Stellarium; Hasil Belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, pengaruh pembelajaran, dan respon siswa terhadap model pembelajaran group to group exchange (GGE) tentang materi sistem tata surya di kelas VII SMPN 4 Ambarawa pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang menggunakan true experimental. Penelitian ini menggunakan desain pre-test post-test control group design. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VII B dan VII C SMPN 4 Ambarawa dengan kelas eksperimen VII C dan kelas kontrol VII B. Variabel penelitian ini adalah variabel bebas yaitu model group to group exchange (GGE), dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Pengumpulan data menggunakan data tes dan non tes. Data tes menggunakan soal pilihan ganda yang diuji keabsahannya menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda. Metode pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-test sedangkan untuk data non tes menggunakan angket (kuisioner) dan lembar observasi guru. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney U menggunakan bantuan software SPSS 22.0 yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji non parametris Wilcoxon serta uji Mann Whitney U. Hasil penelitian menunjukan uji Mann Whitney U dan uji Wilcoxon yang mendapatkan perolehan nilai signifikansi sebesar 0.000 yaitu lebih kecil dari 0.05 yang menandakan bahwa data penelitian diterima. Berdasarkan hasil uji non parametris tersebut maka Ha diterima dan Ho tidak diterima dengan dasar pengambilan keputusan menurut Sujarweni (2014). Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran group to group exchange dapat dikategorikan sangat baik dengan perolehan rata- rata hasil angket kuisioner sebesar 75%.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 20:04 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 20:04 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17773 |
Actions (login required)
View Item |