Mu'in, Mukhamad Samsul (2023) PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN MELALAUI LIVEWORKSHEETS MATERI SIKLUS AIR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Naskah Tesis_M.S.Muin_liveworsheets.fix.pdf Download (5MB) |
Abstract
Mu’in, M.S.2023. Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Melalui Liveworksheets Materi Siklus Air Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Tesis, Salatiga: Program Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Prof.Dr. Budiyono Saputro , M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan, mengetahui bentuk pengembangan dan menguji efektivitas evaluasi pembelajaran melalui liveworksheets materi siklus air terhadap hasil belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Penelitian ini dilatarbelakangi penggunaan instrumen evaluasi pembelajaran masih bersifat tradisional sehingga kurang efisien dan pemanfaatan teknologi belum maksimal. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Sugiyono yang telah terdiri dari 10 langkah, 10 tahapan, yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk awal, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk I, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk II, 10) produk akhir. Jumlah subjek penelitian adalah 40 siswa dengan rincian siswa kelas 5 MI Candiretno sebanyak 15 siswa dan 25 siswa kelas V MI Negeri 2 Magelang. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Jenis instrumen yang digunakan menggunakan angket, lembar validasi para ahli dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa sangat membutuhkan Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Melalui Liveworksheets Materi Siklus Air Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah ditunjukkan dari hasil skor rata-rata analisis kebutuhan sebesar 3,60. Liveworksheets ini sangat membantu dan mempermudah proses evaluasi pembelajaran setelah masa pandemi baik dari sisi kepraktisan, ekonomis ataupun kemudahan dalam pelaksanaan; (2) Bentuk pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran menghasilkan produk melalui liveworksheets materi siklus air terhadap hasil belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah dengan variasi dimensi kognitif C2, C3, C4 (menganalisa) dan C5 (mengevaluasi) sejumlah 20 soal; (3) Hasil uji efektivitas dengan menggunakan uji paired sample t-test memperoleh nilai Sig (0,000) < 0,05 dan t hitung (10,588) > t tabel (2,064) . Sehingga instrumen evaluasi pembelajaran melalui liveworksheets materi siklus air efektif terhadap hasil belajar siswa .
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 18:12 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 18:12 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17852 |
Actions (login required)
View Item |