LESTARI, PINANGGIH RIZKI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DENGAN MEDIA KARTU PARAGRAF PERKEMBANGAN TEKNOLOGI SISWA KELAS IIIA MIS NOBOREJO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
PINANGGIH RIZKI LESTARI 23040190007 FIXX.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi menentukan ide pokok paragraf menggunakan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dengan media kartu paragraf perkembangan teknologi siswa kelas IIIA MIS Tarbiyatul Islamiyah Noborejo. Permasalahan yang akan dijawab dalam penelitian ini yaitu apakah penggunaan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Dengan Media Kartu Paragraf Perkembangan Teknologi dapat meningkatkan kemampuan menentukan ide pokok paragraf mata pelajaran bahasa Indonesia Siswa Kelas IIIA MIS Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Tahun Pelajaran 2022/2023?. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan selama II siklus untuk menjawab masalah yang terjadi. Terdapat empat tahap dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIIA MIS Tarbiyatul Islamiyah Noborejo, yang terdiri dari 16 siswa, 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dan media kartu paragraf perkembangan teknologi digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dengan media kartu paragraf perkembangan teknologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIIA MIS Tarbiyatul Islamiyah Noborejo materi menentukan ide pokok paragraf melalui lembar pengamatan dan tes tertulis. Peningkatan ini terlihat dari hasil pelaksanaan penelitian dari tahap pra siklus sampai siklus II. Pada tahap pra siklus nilai rata-rata ketuntasan yang diperoleh adalah 58,43 atau 25%. Siswa yang tuntas 4 dan belum tuntas 12. Pada tahap siklus I meningkat yaitu nilai rata-rata ketuntasan yang diperoleh adalah 72,81 atau 62,5%. Siswa yang tuntas 10 dan belum tuntas 6. Kemudian meningkat secara signifikan pada siklus II dengan nilai rata-rata ketuntasan 87,81 atau 87,5%. Siswa yang tuntas 14 dan yang belum tuntas 2.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 20:30 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 20:30 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17860 |
Actions (login required)
View Item |