Fatimatuzzahrok, (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN BULAT DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MELALUI ALAT PERAGA PARANG-KU PADA SISWA KELAS VI MI KARANGDUREN KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
Fatimatuzzahrok[1].pdf Download (3MB) |
Abstract
Selama ini siswa masih mengalami kesulitan belajar Matematika. Pada hasil observasi yang dilaksanakan pada tanggal 1 Maret 2023 menunjukkan bahwa lebih dari 50% siswa belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) dari penetapan KKM di madrasah tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dan Alat Peraga Parang-Ku dapat meningkatkan hasil belajar siswadalam pembelajaran Matematika pada siswa kelas VI B MI Karangduren Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI B di MI Karangduren Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang yang terdiri dari 19 siswa yakni 6 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan pengukuran tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan membandingkan skor nilai dari siklus I ke siklus II dengan nilai KKM yang telah ditetapkan madrasah yakni 70 dan ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dan alat peraga Parang-Ku dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika materi Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat kelas VI MI Karangduren Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang tahun ajaran 2022/2023. Hal ini dapat dibuktikan bahwa dari kegiatan observasi sebanyak 3 siswa yang tuntas (15,78%) dan 16 siswa yang belum tuntas (84,22%). Pada siklus I terdapat 9 siswa yang tuntas (47,36%) dan 10 siswa yang belum tuntas (52,64%). Sedangkan pada siklus II terdapat peningkatan 17 siswa yang tuntas (89,47%) dan 2 siswa yang belum tuntas (10,53%). Disamping itu terdapat peningkatan hasil belajar antara siklus I ke siklus II sebesar 42,11%. Oleh karena itu, penelitian ini dinyatakan berhasil karena telah memenuhi ketuntasan keberhasilan klasikal secara nasional yakni persentase hasil belajar siswa 89,47% ≥ 85%.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 03:28 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 03:28 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17864 |
Actions (login required)
View Item |