EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII MTs NU SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Hidayanti, Pina (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII MTs NU SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi_Pina Hidayanti_23060190005.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pina, Hidayanti. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbasis Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas VIII MTs NU Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Fenny Widiyanti, M.Pd. Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL); Mind Mapping; Hasil Belajar Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas VIII MTs NU Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023 dan untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran Project Based Learning berbasis Mind Mapping. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kuantitatif jenis true experiment dengan desain Pretest Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII MTs NU Salatiga yang berjumlah 64 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, dimana kelas VIII B sebagai kelas eksperimen sebanyak 23 siswa dan Kelas VIII A sebagai kelas kontrol sebanyak 23 siswa. Instrumen tes pada penelitian ini berupa soal tes yang sudah diperiksa keabsahannya melalui uji validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran soal. Nilai pretest dan posttest dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test (Independent Sample T-Test) menggunakan program SPSS 23.0. Instrumen no tes berupa angket yang berguna untuk melihat respon siswa setelah penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis Mind Mapping. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas kontrol dan eksperimen sebesar 64,78 dan 69,35. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 72,63 dan 78,91. Berdasarkan hasil uji-t (Independent Sample T-Test) diperoleh nilai thitung 2,960 > ttabel 2,015 dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,005 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil angket respon siswa menunjukkan bahwa rata-rata siswa memberikan respon positif terhadap model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis Mind Mapping dengan persentase respon siswa kategori baik sekali sebesar 61%, kategori baik 30 % dan kategori cukup 9 %. Maka dari itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis Mind Mapping efektif terhadap hasil belajar siswa materi sistem ekskresi manusia kelas VIII MTs NU Salatiga tahun pelajaran 2022/2023

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Jul 2023 16:17
Last Modified: 27 Jul 2023 16:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17883

Actions (login required)

View Item View Item