PEMANFAATAN MARKETPLACE FACEBOOK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN MENURUT PRINSIP DAN ETIKA JUAL BELI DALAM ISLAM

Berlina, Ratna Surya (2023) PEMANFAATAN MARKETPLACE FACEBOOK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN MENURUT PRINSIP DAN ETIKA JUAL BELI DALAM ISLAM. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
01. REVISI SKRIPSI BERLIN 1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Berlina, Ratna Surya. 2023. Pemanfaatan Marketplace Facebook Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Menurut Prinsip dan Etika Jual Beli dalam Islam. Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing M. Ali Sofyan, M.A. Kata Kunci: Marketplace Facebook, Komunikasi Pemasaran, Prinsip dan Etika Jual Beli dalam Islam Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui pemanfaatan marketplace Facebook sebagai media komunikasi pemasaran. (2) Memahami prinsip dan etika jual beli dalam Islam mengkaji marketplace Facebook sebagai media komunikasi pemasaran. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode netnografi. Sumber data pada penelitian ini meliputi sumber data primer yaitu beberapa penjual dan pembeli yang melakukkan transaksi jual beli melalui marketplace Facebook dan data sekunder berupa jurnal, skripsi, tesis, buku, dan internet berupa website yang berkaitan dengan marketplace Facebook, komunikasi pemasaran, dan jual beli dalam Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa marketplace Facebook sebagai media komunikasi pemasaran sudah banyak di gunakan oleh masyarakat, tetapi masih banyak penjual yang belum memanfaatkan secara maksimal marketplace Facebook sebagai media untuk berkomunikasi dengan pembeli yang sesuai dengan konsep komunikasi pemasaran. Ditinjau dari prinsip dan etika jual beli dalam Islam juga sudah ada tetapi masih banyak pengguna marketplace Facebook yang belum menerapkan prinsip dan etika jual beli dalam Islam. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman penjual dan pembeli akan prinsip dan etika jual beli dalam Islam serta keegoisan salah satu pihak yang ingin mendapat untung lebih.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Jul 2023 15:52
Last Modified: 31 Jul 2023 15:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17890

Actions (login required)

View Item View Item