Najakha, Fatika (2023) ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) GENAP MATA PELAJARAN IPA KELAS VII SMP AL MAS’UDIYYAH TAHUN AJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
FATIKA NAJAKHA 23060150041 T.IPA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui kualitas soal Penilaian Akhir Tahun(PAT) Genap Mata Pelajaran IPA SMP Kelas VII dengan cara mengananalisis butir soal guna mengetahui nilai validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi Penelitian ini adalah Kelas VII SMP Al Mas’udiyyah dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data yang digunakan pada penelitian ini, yaitu kisi-kisi, soal, dan lembar jawab siswa. Teknik analisis data adalah dengan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal dengan menggunakan bantuan SPSS 22.0. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa soal memiliki kualitas yag cukup sebagai instrumen penilaian dengan hasil analisis pada soal pilihan ganda, yaitu : (a) 31 soal dinyatakan valid dan 4 soal tidak valid, (b) dinyatakan reliabel dengan nilai reliabilitas diatas 0,70, (c) memiliki tingkat kesukaran sedang secara keseluruhan dengan 8 soal mudah, 18 soal sedang, 8 soal sukar, dan 1 soal sangat sukat, (d) memiliki daya pembeda cukup secara keseluruhan dengan 7 soal ketegori jelek, 20 soal ketegori cukup, dan 8 soal ketegori baik. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh kesimpulan bahwa soal yang telah diuji cobakan memiliki kualitas yang cukup baik dan diperlukan sedikit perbaikan pada beberapa butir soal yang memiliki kualitas rendah.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 19:05 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 19:05 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17977 |
Actions (login required)
View Item |