Hanifah, Eni (2023) Implementasi Aktivitas Keagamaan dan Sikap Integritas Siswa di SMA Negeri 2 Ungaran Tahun Ajaran 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
ENI HANIFAH 23010190250 - revisi.pdf Download (3MB) |
|
Text
ENI HANIFAH 23010190250 - revisi.pdf Download (3MB) |
|
Text
ENI HANIFAH 23010190250 - revisi.pdf Download (3MB) |
|
Text
ENI HANIFAH 23010190250 - revisi.pdf Download (3MB) |
|
Text
ENI HANIFAH 23010190250 - revisi.pdf Download (3MB) |
|
Text
ENI HANIFAH 23010190250 - revisi.pdf Download (3MB) |
|
Text
ENI HANIFAH 23010190250 - revisi.pdf Download (3MB) |
Abstract
Hanifah, Eni. 2023. Implementasi Aktivitas Keagamaan dan Sikap Integritas Siswa di SMA Negeri 2 Ungaran Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegururan UIN Salatiga. Pembimbing: Dra. Urifatun Anis, M.Pd.I. Kata Kunci: Implementasi, Aktivitas, Keagamaan, Integritas, Siswa Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui bentuk implementasi aktivitas keagamaan; 2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan aktivitas keagamaan pada siswa; 3) mengetahui bentuk implementasi sikap integritas (akademik) pada siswa; 4) mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi sikap integritas (akademik) pada siswa dan 5) mengetahui implikasi aktivitas keagamaan dalam membentuk sikap integritas siswa di SMA Negeri 2 Ungaran Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data yang digunakan meliputi sumber primer yakni hasil wawancara dari guru, siswa dan wakil kepala sekolah; dan sumber sekunder berupa dokumen serta foto aktivitas keagamaan dan sikap integritas siswa. Teknik pengumpilan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode untuk memperoleh data yang valid. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa SMA Negeri 2 Ungaran memiliki: 1) bentuk-bentuk implementasi aktivitas keagamaan siswa meliputi membaca Al Qur’an, membaca doa, membaca Asmaulhusna, salat zuhur berjamaah, salat Jumat, PHBI dan ekstrakurikuler keagamaan; 2) Faktor pendukung implementasi aktivitas keagamaan adalah peran orang tua, sarana dan prasarana dan peran guru PAI. Sedangkan faktor penghambat implementasi aktivitas keagamaan adalah latar belakang siwa, lingkungan pertemanan dan lingkungan keluarga; 3) bentuk-bentuk implementasi sikap integritas pada siswa meliputi tanggung jawab, kepercayaan dan kehormatan; 4) Faktor pendukung implementasi sikap integritas adalah orang tua, lingkungan dan stakeholder sekolah. Sedangkan faktor penghambat implementasi sikap integritas siswa adalah latar belakang siswa, sistem zonasi, teknologi dan lingkungan pertemanan; 5) Aktivitas keagamaan di sekolah terlibat dalam pembentukan karakter siswa, terutama sikap integritas. Adanya pembiasaan kegiatan keagamaan di SMA Negeri 2 Ungaran seperti membaca doa, membaca asmaulhusna, salat zuhur berjamaah, salat jumat, dan PHBI mampu membentuk sikap integritas siswa yang kuat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Keislaman |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 17 Sep 2023 22:50 |
Last Modified: | 17 Sep 2023 22:50 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18022 |
Actions (login required)
View Item |