EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MENGGUNAKAN MEDIA HERBARIUM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PABELAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Azmi, Sania (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MENGGUNAKAN MEDIA HERBARIUM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PABELAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SANIA AZMI 23060190012.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI SANIA AZMI 23060190012.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI SANIA AZMI 23060190012.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI SANIA AZMI 23060190012.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI SANIA AZMI 23060190012.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI SANIA AZMI 23060190012.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI SANIA AZMI 23060190012.pdf

Download (4MB)

Abstract

Azmi, Sania. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Menggunakan Media Herbarium terhadap Hasil Belajar IPA Materi Klasifikasi Makhluk Hidup pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pabelan Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Budiyono Saputro, M. Pd. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) mengetahui deskripsi hasil belajar IPA materi Klasifikasi Makhluk Hidup dengan model pembelajaran PjBL menggunakan media Herbarium pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pabelan Tahun Pelajaran 2022/2023, dan (2) mengetahui efektivitas model pembelajaran PjBL menggunakan media Herbarium terhadap hasil belajar IPA materi Klasifikasi Makhluk Hidup pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pabelan Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif Quasi Eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel yang digunakan adalah melalui teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan soal pre-test dan soal post-test. Keabsahan soal pre-test dan soal post-test tersebut telah diuji menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda soal. Data hasil belajar siswa dianalisis melalui uji-t Independent Sample T-Test yang dihitung melalui bantuan software SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol dibuktikan oleh hasil rata-rata nilai post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 83,19 > 73,94. Berdasarkan uji statistik Independent Sample T-Test diperoleh thitung 3,032 > ttabel 2,039 dan P-value 0,004 < 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa Ha diterima, artinya penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) menggunakan media Herbarium efektif terhadap hasil belajar IPA materi Klasifikasi Makhluk Hidup pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pabelan Tahun Pelajaran 2022/2023. Kata Kunci: Efektivitas, Project Based Learning, Herbarium, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2023 17:03
Last Modified: 13 Oct 2023 17:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18131

Actions (login required)

View Item View Item