aisah, Siti (2023) PEMBINAAN SIKAP ISTIQOMAH BERIBADAH DAN DISIPLIN BELAJAR MAHASANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL MADANI KOTA SALATIGA TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SITI AISAH PAI 23010190257.pdf Download (4MB) |
|
Text
SITI AISAH PAI 23010190257.pdf Download (4MB) |
|
Text
SITI AISAH PAI 23010190257.pdf Download (4MB) |
|
Text
SITI AISAH PAI 23010190257.pdf Download (4MB) |
|
Text
SITI AISAH PAI 23010190257.pdf Download (4MB) |
|
Text
SITI AISAH PAI 23010190257.pdf Download (4MB) |
|
Text
SITI AISAH PAI 23010190257.pdf Download (4MB) |
|
Text
SITI AISAH PAI 23010190257.pdf Download (4MB) |
|
Text
SITI AISAH PAI 23010190257.pdf Download (4MB) |
|
Text
SITI AISAH PAI 23010190257.pdf Download (4MB) |
|
Text
SITI AISAH PAI 23010190257.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci: Pembinaan, Istiqomah Beribadah, Disiplin Belajar, Mahasantri Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pembinaan sikap istiqomah beribadah mahasantri di pondok pesantren Nurul Madani Kota Salatiga Tahun 2023 (2) Pembinaan sikap disiplin belajar mahasantri di pondok pesantren Nurul Madani Kota Salatiga Tahun 2023 (3) Faktor pendukung dan penghambat pembinaan sikap istiqomah beribadah dan disiplin belajar mahasantri di pondok pesantren Nurul Madani Kota Salatiga Tahun 2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, proses pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, peneliti mewawancarai beberapa narasumber diantaranya pengasuh pondok, ustadz, pengurus pondok, dan mahasantri. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pembinaan sikap istiqomah beribadah mahasantri diterapkan dengan metode adanya tata tertib pondok pesantren, simbolisasi tokoh yang menjadi teladan, adanya nasihat dari guru kepada mahasantri, adanya motivasi dari guru kepada mahasantri, pemberlakuan takziran kepada mahasantri yang melanggar, adanya penghargaan dari pengurus kepada mahasantri, optimalisasi peran pengurus dalam aktivitas, adanya pembiasaan shalat berjama’ah. (2) Pembinaan sikap disiplin belajar dengan metode adanya tata tertib pondok pesantren, simbolisasi tokoh yang menjadi teladan, adanya nasihat dari guru kepada mahasantri, adanya motivasi dari guru kepada mahasantri, pemberlakuan takziran kepada mahasantri yang melanggar, adanya penghargaan dari pengurus kepada mahasantri, optimalisasi peran pengurus dalam aktivitas, adanya pembiasaan mengaji, peran aktif pengurus dalam mengikuti kegiatan. (3) Faktor pendukung dan penghambat pembinaan sikap istiqomah beribadah dan disiplin belajar mahasantri secara internal adalah kesadaran diri, rasa tanggung jawab, sumber daya mahasantri sedangkan secara eksternal adalah lingkungan pondok pesantren, lingkungan masyarakat, guru-guru yang aktif, sarana dan prasarana, takziran. Faktor penghambat pembinaan sikap istiqomah beribadah dan disiplin belajar secara internal adalah rasa malas, jenuh, dan bosan, tidak fokus, capai atau lelah kegiatan kampus, kurangnya tanggung jawab, kurangnya kesadaran diri sedangkan secara eksternal adalah tidak ada sinkronisasi kegiatan kampus dan pondok, sarana audio yang kurang mendukung, kurang tepat waktu salah satu tenaga pengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 12:39 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 12:39 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18191 |
Actions (login required)
View Item |