MANAJEMEN PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN KURSUS CALON PENGANTIN PADA KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN SAMBI KABUPATEN BOYOLALI

RAHMAWATI, AMELIA (2023) MANAJEMEN PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN KURSUS CALON PENGANTIN PADA KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN SAMBI KABUPATEN BOYOLALI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI AMELIAR FIKS BENAR.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI AMELIAR FIKS BENAR.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI AMELIAR FIKS BENAR.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI AMELIAR FIKS BENAR.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI AMELIAR FIKS BENAR.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI AMELIAR FIKS BENAR.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI AMELIAR FIKS BENAR.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI AMELIAR FIKS BENAR.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI AMELIAR FIKS BENAR.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI AMELIAR FIKS BENAR.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI AMELIAR FIKS BENAR.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI AMELIAR FIKS BENAR.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci :Manajemen Pelayanan, Kualitas Layanan, dan Kursus Calon Pengantin. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini 1) Untuk mengetahui manajemen pelayanan dalam meningkatkan kualitas layanan kursus calon pengatin di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sambi Kabupaten Boyoali ; 2) Untuk mengetahui dampak layanan kursus pranikah terhadap pasangan calon pengantin di KUA Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali. Jenis dari penelitian ialah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala KUA Kecamatan Sambi Kabupaten Boyoali, Narasumber/pembimbing kursus calon pengantin, Penyuluh agama islam serta dua pasang calon pengantin. Kemudian sumber data sekunder diperoleh dari jurnal, foto-foto kegiatan terkait kursus calon pengantin, serta buku pelayanan nikah. Pengumpulan data ini dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Manajemen pelayanan dalam meningkatkankualitas layanan kursus calon pengantin pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali sudah menerapkan fungsi manajemen meliputi planning, organizing, actuating, dan controlling dan sudah berjalan sesuai aturan yang berlaku dan berusaha memberikan kualitas layanan yang terbaik dengan memberikan layanan yang sesuai yang diharapkan dengan indikator tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy ; 2) Dampak layanan kursus pranikah terhadap pasangan calon pengantin di KUA Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali adalah dengan adanya program kursus calon pengantin ini pasangan calon pengantin lebih siap dalam membagun rumah tangga kedepannya untuk membina keluarga yang sakinnah mawadah warohmah, menurunnya tingkat perceraian, menurunnya tingkat pernikahan usia dini, serta adanya manajemen KUA yang terus diperbaharui dan diperbaiki.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2023 17:15
Last Modified: 16 Oct 2023 17:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18197

Actions (login required)

View Item View Item