MAULIDYA, ALYA (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS I-SPRING MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII C SMP NEGERI 8 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI ALYA MAULIDYA 23060190067.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI ALYA MAULIDYA 23060190067.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI ALYA MAULIDYA 23060190067.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI ALYA MAULIDYA 23060190067.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI ALYA MAULIDYA 23060190067.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI ALYA MAULIDYA 23060190067.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI ALYA MAULIDYA 23060190067.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI ALYA MAULIDYA 23060190067.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI ALYA MAULIDYA 23060190067.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI ALYA MAULIDYA 23060190067.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI ALYA MAULIDYA 23060190067.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIPSI ALYA MAULIDYA 23060190067.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Discovery Learning dengan Multimedia Interaktif berbasis I-Spring materi sistem pernapasan manusia kelas VIII C SMP Negeri 8 Salatiga tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di dalam kelas untuk memperbaiki proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di antaranya : perencanaan (Planning), pelaksanaan (Action), pengamatan (Observing), dan refleksi (Reflecting). Penelitian ini menggunakan subjek peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 8 Salatiga sebanyak 30 peserta didik dengan komposisi 16 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan. Kriteria Ketuntasan Maksimum (KKM) yang ditetapkan di SMP Negeri 8 Salatiga pada mata pelajaran IPA sebesar 70. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa model pembelajaran Discovery Learning dengan Multimedia Interaktif berbasis I-Spring dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIIIC SMP Negeri 8 Salatiga. Peningkatakan hasil belajar tersebut dicapai dengan dua siklus. Peningkatan hasil belajar pada siklus I sebanyak 11 (36,6%) peserta didik tuntas dan sebanyak 19 (63,3%) peserta didik tidak tuntas dengan nilai rata-rata 46,3. Siklus II sebanyak 26 (86,6%) peserta didik tuntas dan 4 (13,3%) peserta didik tidak tuntas dengan nilai rata-rata 78,7. Persentase peningkatan hasil belajar IPA kelas VIII C dari siklus I ke siklus II sebesar 23,3%. Penelitian berhenti pada siklus II karena telah mencapai indikator keberhasilan belajar peserta didik yang telah ditentukan sebesar ≥85% dari seluruh jumlah peserta didik satu kelas dengan KKM yang ditentukan sekolah sebesar 70.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 17 Oct 2023 02:14 |
Last Modified: | 17 Oct 2023 02:14 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18245 |
Actions (login required)
View Item |