Rachmatika, Whita Rizqy (2023) PEMBINAAN KETEKUNAN BERIBADAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI ASRAMA MAN WONOGIRI TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Whita Rizqy Rachmatika 23010190043.pdf Download (3MB) |
|
Text
Whita Rizqy Rachmatika 23010190043.pdf Download (3MB) |
|
Text
Whita Rizqy Rachmatika 23010190043.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui pembinaan ketekunan beribadah siswa di asrama MAN Wonogiri tahun ajaran 2022/2023. 2) Untuk mengetahui pembinaan kemandirian siswa di asrama MAN Wonogiri tahun ajaran 2022/2023. 3) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pembinaan ketekunan beribadah siswa di asrama MAN Wonogiri tahun ajaran 2022/2023. 4) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pembinaan kemandirian belajar siswa di asrama MAN Wonogiri tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu mengandalkan manusia sebagai sumber data utama yang menghasilkan data deskriptif berupa data tertulis atau data lisan dari informan yang diamati. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer (waka kurikulum, guru, musyrif/musrifah, dan siswa) dan sumber data sekunder (buku, laporan penelitian, jurnal, dan lain-lain). Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu, melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangualsi sumber. Informan dalam penelitian ini adalah waka kurikulum, musyrif, musyrifah, guru, dan siswa asrama MAN Wonogiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pembinaan ketekunan beribadah siswa di asrama MAN Wonogiri tahun ajaran 2022/2023 dilaksanakan melalui kegiatan ibadah sholat, tadarus Al-Qur’an, perbaikan bacaan, kajian keislaman, membaca Al-Ma’tsurat pagi, dan Al-Kahfi. Pelaksanaan pembinaan tersebut menggunakan metode pengontrolan, nasehat, targhib, kisah, dan pembiasaan (Habbit). 2) Pembinaan kemandirian belajar siswa di asrama MAN Wonogiri tahun ajaran 2022/2023 dilaksanakan melalui kegiatan menjadi imam sholat, diskusi, dan presentasi. Metode yang digunakan dalam kegiatan tersebut yaitu, pengontrolan, keteladanan, dan persuasi. 3) Faktor pendukung pelaksanaan pembinaan ketekunan beribadah, yaitu lingkungan, fasilitas, dan keluarga. Sedangkan faktor penghambatnya, yaitu kurangnya kesadaran diri dan handphone. 4) Faktor pendukung pelaksanaan kemandirian belajar, yaitu pengetahuan dan pengalaman. Sedangkan faktor penghambatnya, yaitu kurangnya kesadaran diri, keluarga, dan handphone.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 17 Oct 2023 16:24 |
Last Modified: | 17 Oct 2023 16:24 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18265 |
Actions (login required)
View Item |