PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN MEDIA FLASHCARDS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI PANTUN PADA SISWA KELAS V MI Al – MAHMUD KUMPULREJO 01 TAHUN PELAJARAN 2022/2023

sari, Sinta (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN MEDIA FLASHCARDS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI PANTUN PADA SISWA KELAS V MI Al – MAHMUD KUMPULREJO 01 TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Sinta Sari 23040190055.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Sinta Sari 23040190055.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Sinta Sari 23040190055.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Sinta Sari 23040190055.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Sinta Sari 23040190055.pdf

Download (6MB)

Abstract

Sari, Sinta. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dengan Media Flashcards Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Pantun Pada Siswa Kelas V MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Jurusan Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Setiorini Rahma Safitri, M.Pd. Kata Kunci: Make A Match; Media Flashcards; Hasil Belajar Bahasa Indonesia Penelitian tindakan pada siswa kelas V MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 didasari dengan penemuan pada wawancara awal oleh wali kelas V bahwa masih banyak siswa kelas V yang belum bisa menulis pantun dengan baik dan benar sehingga hasil belajar siswa cenderung rendah terutama pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi pantun. Hasil belajar tersebut juga terlihat saat dilakukan kegiatan Pra-siklus dengan materi pokok pantun, menunjukan bahwa rata-rata kelas nilainya dibawah KKM. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran make a match dengan media flashcards. Diharapkan dengan pendekatan ini, siswa akan lebih tertarik dan termotivasi dalam belajar, serta mencapai standar KKM yang ditetapkan (≥75). Metode Penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mengikuti rancangan model Kemmis dan McTaggart dengan empat langkah utama: Plan, Act, Observe, dan Reflect. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan tes evaluasi untuk mengukur hasil belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 pada Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 28 orang. Hasil dari dua siklus penelitian yang dilakukan menunjukkan peningkatan yang signifikan. Rata-rata nilai kelas pada awal kegiatan sebelum siklus adalah 47,5. Setelah tindakan siklus I, rata-rata nilai meningkat menjadi 65,9. Pada tindakan siklus II, terjadi peningkatan lagi hingga mencapai rata-rata 85,35. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran make a match dengan media flashcards efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2023 17:59
Last Modified: 17 Oct 2023 17:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18276

Actions (login required)

View Item View Item