Choirinnisa, Ulya (2023) EFEKTIVITAS MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN BANDUL SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI GETARAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
ULYA CHOIRINNISA 23060190077.pdf Download (7MB) |
|
Text
ULYA CHOIRINNISA 23060190077.pdf Download (7MB) |
|
Text
ULYA CHOIRINNISA 23060190077.pdf Download (7MB) |
|
Text
ULYA CHOIRINNISA 23060190077.pdf Download (7MB) |
|
Text
ULYA CHOIRINNISA 23060190077.pdf Download (7MB) |
|
Text
ULYA CHOIRINNISA 23060190077.pdf Download (7MB) |
|
Text
ULYA CHOIRINNISA 23060190077.pdf Download (7MB) |
|
Text
ULYA CHOIRINNISA 23060190077.pdf Download (7MB) |
|
Text
ULYA CHOIRINNISA 23060190077.pdf Download (7MB) |
|
Text
ULYA CHOIRINNISA 23060190077.pdf Download (7MB) |
|
Text
ULYA CHOIRINNISA 23060190077.pdf Download (7MB) |
|
Text
ULYA CHOIRINNISA 23060190077.pdf Download (7MB) |
|
Text
ULYA CHOIRINNISA 23060190077.pdf Download (7MB) |
|
Text
ULYA CHOIRINNISA 23060190077.pdf Download (7MB) |
|
Text
ULYA CHOIRINNISA 23060190077.pdf Download (7MB) |
|
Text
ULYA CHOIRINNISA 23060190077.pdf Download (7MB) |
|
Text
ULYA CHOIRINNISA 23060190077.pdf Download (7MB) |
|
Text
ULYA CHOIRINNISA 23060190077.pdf Download (7MB) |
|
Text
ULYA CHOIRINNISA 23060190077.pdf Download (7MB) |
|
Text
ULYA CHOIRINNISA 23060190077.pdf Download (7MB) |
|
Text
ULYA CHOIRINNISA 23060190077.pdf Download (7MB) |
|
Text
ULYA CHOIRINNISA 23060190077.pdf Download (7MB) |
|
Text
ULYA CHOIRINNISA 23060190077.pdf Download (7MB) |
|
Text
ULYA CHOIRINNISA 23060190077.pdf Download (7MB) |
|
Text
ULYA CHOIRINNISA 23060190077.pdf Download (7MB) |
|
Text
ULYA CHOIRINNISA 23060190077.pdf Download (7MB) |
|
Text
ULYA CHOIRINNISA 23060190077.pdf Download (7MB) |
Abstract
Choirinnisa, Ulya. 2023. Efektivitas Model Quantum Teaching Berbantuan Bandul Sederhana Terhadap Hasil Belajar Materi Getaran Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Tadris IPA Jurusan Guru Mata Pelajaran Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Rasimin, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas, Quantum Teaching, Bandul Sederhana, dan Hasil Belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model Quantum Teaching berbantuan bandul sederhana terhadap hasil belajar materi getaran pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Salatiga tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperiment dan desain penelitiannya adalah Non-equivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling yaitu kelas VIII H (kelas eksperimen) dan kelas VIII G (kelas kontrol) dengan jumlah peserta didik sama yaitu 31. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal, angket, lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan uji Independent Sample T-Test dan uji N-Gain yang dihitung menggunakan SPSS 26 serta uji Effect Size. Hasil belajar IPA peserta didik kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata post-test 84,52 dan peserta didik kelas kontrol 74,03. Hasil uji Independent Sample T-Test diperoleh thitung (5.160) > ttabel (2.000) dengan nilai sig (2-tailed) 0.000 < 0.05, yang artinya terdapat perbedaan rata-rata antara hasil belajar kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Sumbangan hasil belajar peserta didik diperoleh rata-rata uji N-Gain sebesar 0,6863 dengan kriteria sumbangan hasil belajar peserta didik sedang. Analisis efektivitas peserta didik diperoleh presentase sebesar 68,62% termasuk dalam kategori cukup efektif. Nilai effect size Cohen’s sebesar 3,75 termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan model Quantum Teaching berbantuan bandul sederhana efektif terhadap hasil belajar materi getaran pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 4 Salatiga tahun pelajaran 2022/2023. Model Quantum Teaching dengan bantuan alat peraga dapat diterapkan di dalam kelas karena dengan sintaks yang terdapat dalam model tersebut mengajak peserta didik untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 02:59 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 02:59 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18306 |
Actions (login required)
View Item |