ZAKISUFI, MUHAMMAD ILHAM (2023) IMPLEMENTASI SIKAP SOSIAL KEAGAMAAN DAN OPTIMIS BELAJAR PADA SISWA DI MTS NEGERI 5 MAGELANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI MUHAMMAD ILHAM ZAKISUFI 23010190118.pdf Download (2MB) |
|
Text
SKRIPSI MUHAMMAD ILHAM ZAKISUFI 23010190118.pdf Download (2MB) |
|
Text
SKRIPSI MUHAMMAD ILHAM ZAKISUFI 23010190118.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini: (1) untuk mendeskripsikan implementasi sikap sosial keagamaan pada siswa di MTs Negeri 5 Magelang, (2) untuk mendeskripsikan implementasi sikap optimis belajar pada siswa di MTs Negeri 5 Magelang, (3) untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan solusi implementasi sikap sosial keagamaan pada siswa di MTs Negeri 5 Magelang, (4) untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan solusi sikap optimis belajar pada siswa di MTs Negeri 5 Magelang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan sekunder. Dalam memperoleh data penelitian menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara dengan kepala madrasah, waka kesiswaan, waka kurikulum, guru dan siswa. Untuk analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (1) Implementasi sikap sosial keagamaan pada siswa di MTs Negeri 5 Magelang antara lain: pembiasaan 5S (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun), infaq pagi ODOC (one day one coin), sholat dhuha berjamaah, ta’ziah, peringatan maulid Nabi, membagikan ta’jil di bulan Ramadhan. (2) Implementasi sikap optimis belajar pada siswa di MTs Negeri 5 Magelang antara lain: mengapresiasi siswa yang berprestasi, memberikan apresiasi kepada siswa yang mendapatkan nilai sempurna, membaca buku di pagupon baca, siswa rajin masuk kelas, siswa rajin mengerjakan tugas. (3) Faktor penghambat dan solusi implementasi sikap sosial keagamaan antara lain: kesadaran siswa, sikap siswa, motivasi siswa, keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, kondisi geografis. Solusinya yaitu guru memberikan motivasi, memberikan dorongan kepada siswa, dan membangun komunikasi dengan orang tua siswa. (4) Faktor penghambat dan solusi implementasi sikap optimis belajar antara lain: kepercaan diri, kesadaran diri, motivasi diri, orang tua dan teman. Solusinya yaitu memberikan motivasi yang kuat pada siswa, memberikan apresiasi pada siswa, mendorong siswa untuk gemar membaca buku, dan menjalin komunikasi dengan orang tua siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 19:51 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 19:51 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18341 |
Actions (login required)
View Item |