STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MUKENA ELSA DALAM MEMBANGUN CITRA MEREK

Tsalatsa, Muh. Fajar (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MUKENA ELSA DALAM MEMBANGUN CITRA MEREK. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI MUH FAJAR TSALATSA 43010180216.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui bagaimana pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran mukena elsa dalam membangun citra merek atau brand images; 2) mengetahui tanggapan-tanggapan pelanggan mukena elsa mengenai citra perusahaan Elsa; dan 3) memahami bagaimana calon konsumen merespons citra merek Mukena Elsa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif yang berguna untuk memberikan fakta dan fenomena data mengenai strategi komunikasi pemasaran Mukena Elsa dalam membangun citra mereknya. Lalu teknik untuk mengumpulkan data yakni menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Sumber data primer dari penelitian ini adalah hasil wawancara informan dan observasi lapangan, sedangkan sumber data sekunder berasal dari hasil dokumentasi seperti buku, jurnal, foto-foto dan gambar-gambar yang diperoleh selama penelitian berlangsung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Mukena Elsa menggunakan bauran STP (segmentasi, targeting, posisi) dan bauran Integrated Marketing Communication (IMC) sebagai strategi komunikasi pemasarannya. Pemasaran Mukena Elsa lebih banyak dilakukan secara online melalui beragam media sosial seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, dan Tik-Tok. Mukena Elsa juga memberikan pelayanan konsumen yang sangat baik kepada konsumennya sehingga dapat menciptakan citra atau image yang baik dari konsumennya. 2) berdasarkan tanggapan-tanggapan konsumen Mukena Elsa mengenai citra merek sangat positif. Mereka puas dengan kualitas produk dan pengemasan yang menarik. Efektivitas pelayanan konsumen yang interaktif, responsif, dan ramah juga berkontribusi pada kepuasan. Meskipun mayoritas konsumen merasa puas, ada sedikit keluhan. Pemasaran di media sosial, terutama Instagram, berhasil menarik perhatian konsumen. 3) Hasil dari wawancara calon konsumen Mukena Elsa, citra merek terbukti kuat dan positif. Merek ini dilihat sebagai penyedia mukena seserahan premium dengan desain eksklusif. Promosi dan iklan menciptakan kesan mewah, mengungguli pesaing dalam kualitas dan desain. Testimoni positif juga membentuk pandangan positif. Perhatian terhadap citra merek membangun kepercayaan dan minat calon konsumen

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2023 20:18
Last Modified: 18 Oct 2023 20:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18346

Actions (login required)

View Item View Item