MAHARANI, UMMAYA (2023) PENERAPAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN MEDIA MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK KELAS VIII B SMP IT HIDAYATUL MUBTADIIN TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
|
Text
UMMAYA MAHARANI 23060180097 TADRIS IPA S1.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model creative problem solving (CPS) dengan media mind mapping materi cahaya dan alat optik kelas VIII B SMP IT Hidayatul Mubtadiin Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan tujuan untuk memecahkan masalah pembelajaran yang ada di kelas. Langkah-langkah PTK yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP IT Hidayatul Mubtadiin yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran creative problem solving yang menggunakan media mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP IT Hidayatul Mubtadiin pada materi cahaya dan alat optik pada Tahun Ajaran 2022/2023. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil belajar yang didapatkan, pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa (36%) dan yang tidak tuntas sebanyak 16 siswa (64%) dengan nilai rata-rata dalam siklus I yakni 59,08. Siklus II menunjukkan peningkatan, dengan 22 siswa (88%) yang tuntas dan 3 siswa (12%) yang tidak tuntas, masing-masing dengan nilai rata-rata 79,08. Penelitian ini berhenti pada siklus II, dikarenakan pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan yaitu ≥ 85% dari total jumlah siswa dalam satu kelas mendapatkan nilai ≥ 70.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 15:13 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 15:13 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18363 |
Actions (login required)
View Item |