MISTIYANI, (2023) PENGARUH METODE MONTESSORI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN PADA SISWA KELAS III MI MODERN BANI ADAM BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
MISTIYANI 23040190072.pdf Download (5MB) |
Abstract
Mistiyani. 2023. Pengaruh Metode Montessori Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian pada Siswa Kelas III MI Modern Bani Adam Boyolali Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Peni Susapti, M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Montessori Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Montessori terhadap hasil belajar matematika pada materi perkalian di kelas III MI Modern Bani Adam Boyolali Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain true exprerimental design control group pretest posttest. Sampel penelitian adalah 64 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan inferensial dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode Montessori terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas III MI Modern Bani Adam Boyolali Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Independent Samples T-test pada posttest kelas kontrol dan posttest kelas eksperimen menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima dengan t-hitung 4,063 ≥ t-tabel 1,99897 dan probabilitas atau Sig. (2-tailed) 0,000 ≤ 0,05. Dan dibuktikan dengan mean posttest kelas kontrol adalah 65,63 dan mean posttest kelas eksperimen adalah 79,69, artinya meningkat sebesar 14,06.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 18:46 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 18:46 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18392 |
Actions (login required)
View Item |