PENGARUH PEMBERIAN REINFORCEMENT TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 GROBOGAN TAHUN AJARAN 2022/2023

LESTARI, PUJI (2023) PENGARUH PEMBERIAN REINFORCEMENT TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 GROBOGAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Puji Lestari_23040190024_Skripsi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Puji Lestari_23040190024_Skripsi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Puji Lestari_23040190024_Skripsi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pemberian reinforcement siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Grobogan, (2) untuk mengetahui hasil belajar Ilmu Pengetahun Alam siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Grobogan dan (3) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pemberian reinforcement guru terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Grobogan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif desain penelitian ex post facto dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Instrumen tes kognitif dan angket respon siswa digunakan dalam penelitian ini. Sampel penelitian ini sebanyak 56 siswa dari kelas VA dan VB Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Grobogan. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS versi 25 yang sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik (uji normalitas dan uji linieritas), dilanjutkan uji hipotesis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembeian reinforement siswa dikategorikan tinggi diperoleh nilai rata-rata 65,49. Hasil belajar Ilmu Pengeahuan Alam termasuk kategori baik dari batas nilai ketuntasan minimum diperoleh nilai rata-rata sebesar 76,07. Terdapat pengaruh positif dan signifikan pemberian reinforcement terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan hasil penelitian diperoleh thitung (6,879) > ttabel (2,005). Korelasi product moment sebesar 0,683. Besar sumbangan pemberian reinforcement terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V sebesar 46,7% (dibulatkan menjadi 47%) selebihnya ditentukan faktor lain. Hasil penelitian membuktikan bahwa hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V bergantung pada pemberian reinforcement yang dilakukan oleh guru. Semakin sering guru memberikan reinforcement kepada siswa, maka semakin tinggi pula hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Grobogan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2023 13:44
Last Modified: 20 Oct 2023 13:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18433

Actions (login required)

View Item View Item