Riyanti, Resa Ani (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN TEMA 8 SUBTEMA 1 KEANEKARAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING DAN MEDIA ATLAS PADA SISWA KELAS V DI MI ASAS ISLAM KALIBENING TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
RESA ANI RIYANTI 23040190010.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Ani Riyanti, Resa. 2023. Peningkatan Hasil Belajar PPKn Tema 8 Subtema 1 Keanekaragaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia Menggunakan Model Quantum Teaching dan Media Atlas pada Siswa Kelas V MI Asas Islam Kalibening Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Rasimin, M.Pd. Kata Kunci: Peningkatan,Hasil Belajar, Model Quantum Teaching, Media Atlas Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V C MI Asas Islam Kalibening dengan materi keanekaragaman suku bangsa dan budaya Indonesia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Strategi pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Data yang digunakan dianalisis secara statistic menggunakan rumus presentase, apabila ≥ 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model quantum teaching berbantuan media atlas dapat meningkatkan hasil belajar PPKn tema 8 subtema 1 keanekaragaman suku bangsa dan budaya Indonesia pada siswa kelas VC MI Asas Islam Kalibening tahun pelajaran 2022/2023. Adapun peningkatannya pada pra siklus ke siklus I sebesar 19,3% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 38,4%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 18:27 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 18:27 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18457 |
Actions (login required)
View Item |